Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Empat Mahasiswa UGM Ini Beri Pelatihan Mengolah Susu

Empat Mahasiswa UGM Ini Beri Pelatihan Mengolah Susu

Yogyakarta – Empat mahasiswa Fakultas Peternakan UGM menggelar pelatihan pengolahan dan diversifikasi produk ternak berupa susu sapi kepada para peternak sapi di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta pada 13 – 15 Februari 2015.

Keempat mahasiswa tersebut yakni Satyaguna Rakhmatulloh, Miftahush Shirothul Haq, Khikmatus Saefiyah, dan Ulil Af Idah.

“Dari pelatihan ini, kami berharap bisa menghasilkan unit-unit usaha di bidang pengolahan susu yang dikelola oleh kelompok wanita tani di Kaliurang, mengingat adanya ketersediaan susu segar dan potensi pasar di daerah wisata Kaliurang dan dengan upaya ini kesejahteraan peternak semakin meningkat,” papar Satyaguna, selaku ketua pelaksana kegiatan, seperti dilansir laman resmi UGM.

Pelatihan tersebut diikuti perwakilan petani-peternak yang berada di sekitar Kaliurang, Cangkringan, Turgo, dan Kopeng. Materi pelatihan meliputi pengolahan susu segar menjadi susu pasteurisasi, pembuatan ice cream, dan pembuatan yoghurt.

Selain materi mengenai produk olahan susu, dalam pelatihan ini diperkenalkan pula produk berlabel. Peserta dijelaskan tentang pelabelan produk hasil pelatihan dengan brand yang diinginkan peternak “Kaliurang’s Susu Pasteurisasi”, “Kaliurang’s Ice Cream”, dan “Kaliurang’s Yoghurt”.

Satyaguna menilai pelatihan tersebut penting untuk disampaikan kepada peternak karena peternakan sapi maupun kambing perah yang dikembangkan masyarakat sekitar Kaliurang merupakan salah satu mata pencaharian. Selain itu, lanjutnya, pengolahan susu segar perlu dilakukan untuk menjaga kualitas, nilai gizi, dan pertambahan nilai ekonomi produk tersebut.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *