Kamis , 14 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Fateta IPB Resmikan Pembangunan Kolam Tampung Air Hujan
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Fateta IPB Resmikan Pembangunan Kolam Tampung Air Hujan

Edupost.ID- Departemen Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kerjasama dengan PT. Teknindo Geosistem Unggul dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tindaklanjut kerjasama tersebut adalah membangun dan meresmikan “Embung” atau kolam penampung kelebihan air hujan pada musim hujan.

Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang juga Dosen Teknik Sipil dan Lingkungan Fateta IPB, Budi Indra Setiawan menyampaikan “IPB sudah membuat embung sejak tahun 1990 dengan menggunakan lapisan dari semen, tetapi tidak tahan lama banyak yang retak-retak lalu bocor”, ujar Budi.

Pembangunan embung digantikan dengan lapisan goe membraneyaitu berupa lapisan tipis yang menyerupai plastik hitam, sehingga tahan terhadap bocor. Tujuan pembuatan embung adalah menyediakan air untuk pengairan tanaman di musim kemarau, meningkatkan produktivitas lahan, masa pola tanam dan pendapatan petani di lahan tadah hujan, mengaktifkan tenaga kerja petani pada musim kemarau sehingga mengurangi urbanisasi dari desa ke kota, mencegah/mengurangi luapan air di musim hujan dan menekan risiko banjir serta memperbesar peresapan air ke dalam tanah.

Ketua Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Fateta IPB Dr.Desrial menegaskan, salah satu cara untuk menanggulangi kekurangan air di lahan sawah tadah hujan adalah dengan membangun kolam penampung air atau embung. Selain itu, embung juga dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Dekan Fateta IPB, Kudang BoroSeminar berharap embung ini  bisa digunakan untuk membantu pengolahan lahan pertanian ketika musim kemaru. Sedangkan Direktur  PT. Teknindo Geosistem Unggul, Wahyu P. Kuswanda menyampaikan terima kasih atas kerjasama dengan IPB ini. (IPB)

Check Also

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Asyiknya Belajar Matematika dengan TIKO Karya UGM

Edupost.id – Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit bagi banyak siswa. Namun, kini telah hadir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *