Selasa , 23 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / FT UNY Kembangkan TV Kampus untuk Praktik Mahasiswa

FT UNY Kembangkan TV Kampus untuk Praktik Mahasiswa

Edupost.ID, Yogyakarta – Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY) telah meluncurkan TV Fakultas bernama Lab Unit TV. Saluran TV ini mengudara di channel CH-21 atau melalui setting manual pada frekuensi UHF 471.25 Mhz. Peluncuran digelar di gedung LPTK lantai II FT UNY (30/12) yang lalu.

“Di FT UNY ada mata kuliah terkait telekomunikasi, untuk memfasilitasi praktikum perlu adanya media untuk melakukan praktikum. Untuk itu didirikanlah Lab Unit TV,” ujar Koordinator Lab Unit TV UNY, Pramudi Utomo kepada Edupost.ID, Kamis (7/1).

Ditambahkan Pram, panggilan akrab Pramudi utomo, didirikannya TV ini bukanlah untuk tujuan komersial, melainkan untuk media praktikum mahasiswa. Produk siarannya juga masih difokuskan untuk konsumsi internal kampus, belum untuk masyarakat umum. Disinggung terkait kemungkinan dimanfaatkannya TV ini untuk publikasi UNY, Pram mengatakan sangat mungkin menuju ke arah sana. “Tidak menutup kemungkinan ke arah sana,” ujarnya.

Namun, saat ini Lab Unit TV masih tahap awal, sehingga masih perlu dilakukan banyak penyempurnaan di berbagai bidang.

Mengenai program siaranya, menurut Pram akan diisi oleh mahasiswa UNY dari berbagai prodi. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa Tata Boga atau Tata Busana juga dapat ikut menggarap produksi siaran TV sesuai kompetensi masing-masing prodi. Ia mencontohkan, mahasiswa tata boga bisa membuat yang saat ini sedang marak di televisi dengan mengundang dosen atau mahasiswa dari Prodi Tata Boga seacara memasak, mahasiswa taat  usana bisa membantu tata busana pengisi acara.

Sementara itu Dekan FT UNY, Dr. Moch. Bruri Triyono, mengungkapkan kelegaannya TV FT telah berhasil mengudara. “Tentunya, lab ini akan menjadi ajang penyaluran kreativitas bagi para mahasiswa, tidak hanya yang dari Prodi Teknik Elektronika namun Prodi-Prodi lain juga mesti turut bahu membahu mengisi program-program acara di TV ini”, kata Dekan FT UNY.

“Kita semua berharap, Lab Unit TV FT UNY tidak hanya menjadi tempat praktik mahasiswa tetapi juga media promosi dan peningkatan brand-image bagi FT UNY”, harapnya. Dekan juga berjanji untuk melengkapi fasilitas yang diperlukan sehingga bisa sesuai dengan standar studio dalam industri TV yang sesungguhnya. (Andi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *