Kamis , 19 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Garuda UNY kembali Bertarung di Student Formula Japan 2017
Tim Garuda UNY
Tim Garuda UNY (foto: UNY dok.)

Garuda UNY kembali Bertarung di Student Formula Japan 2017

Edupost.id – Garuda UNY Team (GUT) kembali akan bertarung dalam ajang Student Formula Japan (SFJ) 2017 di Shizouka, Jepang, Selasa-Sabtu (5-9/9). Tim ini beranggotakan 17 mahasiswa UNY dan satu orang advisor. Tim kebanggaan UNY ini telah resmi dilepas oleh Rektor UNY, Prof. Sutrisna Wibawa, di Ruang Sidang Utama Senat UNY, Yogyakarta (31/8) lalu.

Dalam pelepasan ini, Rektor menyampaikan tiga poin penting yang harus dimiliki GUT. Menurutnya, inovasi yang dikembangkan hendaknya dipertanggungjawabkan secara akademis. Etika selama berkompetisi juga harus dijaga, karena tim tidak hanya membawa nama universitas namun juga nama bangsa dan negara. Selain itu, tim juga harus bekerja secara maksimal karena hasil akan mengikuti usaha.

“Mobil telah dikirim sebelumnya pada Senin (28/8) dengan jasa Nippon Express Indonesia. Kami menargetkan untuk masuk 20 besar overall, bersaing dengan 98 tim dari 9 negara. Kami mohon doa restu yang sebesar-besarnya ke seluruh pimpinan dan civitas akademika UNY,” tutur Zainal Arifin, selaku advisor GUT, dalam keterangan persnya.

Ajang Student Formula Japan (SFJ) merupakan kompetisi mobil balap bergengsi yang sangat ketat dan kompetitif. SFJ ini adalah kompetisi internasional ketiga yang diikuti GUT setelah sebelumnya GUT berkompetisi di Shell Eco Marathon (SEM) Singapura dan International Student Car Competition (ISCC) di Korea Selatan.

Dengan modal pengalaman dua tahun mengikuti kompetisi SFJ, GUT telah merancang berbagai inovasi dan pembaharuan dalam mobil formula teranyarnya, Formula Garuda 17 (FG 17). Bobot yang dimiliki kendaraan sebesar 210 kg dimana berat tersebut lebih ringan 10 kg dibandingkan bobot kendaraan tahun lalu. Semua hasil tersebut menyatakan FG 17 siap beradu dalam lintasan di SFJ 2017.

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *