Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Genetika, Genting Ramah Lingkungan Inovasi Mahasiswa Undip
genetika-genting-ramah-lingkungan-inovasi-mahasiswa-undip
Genetika, genting ramah lingkungan inovasi mahasiswa undip (foto: Undip)

Genetika, Genting Ramah Lingkungan Inovasi Mahasiswa Undip

Edupost.id, Semarang – Genting yang biasa dipakai sebagai bahan penyusun atap rumah umumnya tidak dapat melindungi dari polusi udara. Karena itu, lima mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) membuat inovasi genting beton yang ramah lingkungan. Inovasi itu dinamai GENETIKA (Genting Beton Estetika).

Kelima mahasiswa Undip itu yakni Salsabila Naqiyah (Fisika), Oki Ade Putra (Fisika) , Lilia Rosalia Indah (Fisika) , Alfiyatur Rohmah (Kimia), dan  Nurrizka Kurniawati (Kimia).

Inovasi genting beton ramah lingkungan ini berbahan nano silika dan nano zeolit sebagai solusi mengatasi pencemaran lingkungan. Silika merupakan senyawa kimia dengan rumus molekul SiO2 (Silicon dioxide) yang dapat diperoleh dari silika mineral, nabati dan sintesis kristal.

Silika yang digunakan adalah silika nabati yang berasal dari limbah sekam padi. Kandungan Silika (SiO2) dalam abu sekam padi adalah 94 – 96 %. Silika hasil pengolahan sekam padi dapat digunakan sebagai campuran semen untuk meningkatkan fungsi kerja semen. Dan untuk meningkatkan reaktifitas, silika ini diubah menjadi ukuran nanometer (10-9 m).

Selain itu, zeolit dari alam yang diubah juga menjadi ukuran nano berfungsi sebagai material adsorben atau penyerap emisi gas berbahaya.

Ketua Tim, Salsabila menjelaskan bahwa keunggulan dari genting ini adalah mampu menyerap emisi gas karena mengandung zeolit. Bahan ini kedap air dan tahan bocor karena material genting tersusun oleh nanomaterial-nanomaterial yang berukuran sangat kecil dan sangat rapat sehingga tidak memungkinkan untuk air dan polusi masuk.

Ia berharap, penggunaan Genetika atau genting beton pada daerah panas seperti Kota semarang dapat menekan konsumsi energi hingga 17% dan mengurangi pencemaran lingkungan. (Undip/ IK-SS)

 

 

Check Also

Mahasiswa Undip Cegah Residu Kimia dengan BANDIT

Mahasiswa Undip Cegah Residu Kimia dengan BANDIT

Edupost.id – Residu bahan kimia pada bahan pangan asal ternak (telur, daging dan susu) merupakan ancaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *