Kamis , 21 September 2017
Home / Kabar Kampus / Gerakan UI Mengajar Tinggalkan Kesan Mendalam bagi Pengajar

Gerakan UI Mengajar Tinggalkan Kesan Mendalam bagi Pengajar

EDUPOST, DEPOK- Gerakan UI Mengajar yang telah memasuki angkatan ke-4 ini telah ditutup pada acara Grandclosing GUIM 4, di kampus UI, Depok beberapa waktu lalu.Walau telah berakhir, kegiatan GUIM 4 ini meninggalkan kesan mendalam bagi para mahasiswa yang menjadi panitia maupun pengajar.

Edupost telah mewawancarai ketua UI Mengajar 4, S. Rendy Warman (23) yang menceritakan pengalamannya selama mengikuti kegiatan GUIM 4 ini.

“Kami ingin memotivasi anak-anak di daerah pelosok agar bisa belajar lebih giat lagi. Selain itu, kami sharing bersama para guru,  mencari apa yang bisa kita kerjakan bersama dalam proses pengajaran yang baik dan benar,” paparnya kepada Edupost.

Selain mengajar, para mahasiswa itu turut mengedukasi masyarakat di sekitar lokasi tentang pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak mereka.

“Kita menekankan kepada orang tua bahwa pendidikan (bagi anak mereka) itu sangat fundamental. Mereka harus bisa sekolah sampai tinggi. Juga (edukasi) terhadap lingkungan, karena lingkungan sangat mempengaruhi bagaimana anak-anak berkembang,” papar Rendy.

Kegiatan UI Mengajar ini tentunya juga memberi manfaat bagi para mahasiswa yang menjadi panitia maupun pengajar.“Para mahasiswa, panitia dan pengajar, mereka harus mengembangkan kapasitas diri mereka selain akademik,” ucapnya.

Setelah menjalani GUIM 4, perasaan bahagia turut dirasakan para mahasiswa yang menjadi pengajar.

“Luar biasa, kami mendapatkan sebuah pengalaman baru, terdapat pelajaran yang sangat berharga. Ketika kami disana, bukan hanya mengajar namun juga belajar dari mereka (masyarakat). Sampai disinipun, para pengajar masih kangen dengan daerah sana, erat kekeluargaannya,” kenangnya.

Kegiatan Grand Closing GUIM 4 ini ditutup dengan acara Konferensi Gerakan Mahasiswa Mengajar.

“Kami bangga dan bahagia melihat antusias dari universitas seluruh Indonesia, dengan kedatangankeynote speaker yang luar biasa menginspirasi. Itu menandakan orang-orang memperhatikan ini, sekelas Rektor, bahkan pak Menteri (Dikbud),” ucapnya.

Sebagai tindak lanjut dari acara tersebut, akan dibentuk aliansi untuk memonitoring antar gerakan. “Universitas yang telah datang di acara ini akan kita bentuk aliansi sebagai jaringan dan follow up, (sehingga) kita bisa memonitoring dan sharing (antar Gerakan),” jelas Rendy.

Adapun, Gerakan UI Mengajar Angkatan IV telah dilaksanakan di Sukabumi pada 8 Januari sampai 1 Februari 2015. (EI/AA)

Check Also

siswa sd ikuti pesantren kilat ramadhan

Pendidikan Bukan Hanya untuk Cetak Anak Pandai

Edupost.id – Pendidikan seharusnya bukan hanya mencetak anak pandai secara akademis. Pendidikan justru diharapkan dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *