Jumat , 15 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Gethuk Instan, Inovasi IPB Siap Bersaing di Pasar ASEAN
Gethuk Instan, Inovasi mahasiswa IPB
Gethuk Instan, Inovasi mahasiswa IPB

Gethuk Instan, Inovasi IPB Siap Bersaing di Pasar ASEAN

Edupost.id – Gethuk, jajanan tradisional Jawa berbahan singkong termasuk memiliki proses penyajian yang kurang praktis dan tidak tahan lama. Hal ini melatarbelakangi lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat inovasi berupa gethuk instan. Makanan ini nantinya diprediksi siap bersaing di pasar ASEAN

Mereka adalah Indra Purnomo, Sylvia Indriani, Dedi Candra, Gabriel Keefe  Gazali, dan Kevin Adrianus mahasiswa dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) yang dibimbing oleh Dr. Elvira Syamsir.

Indra Purnomo mengatakan dengan sentuhan teknologi ini ditambah penampilannya yang menarik, Gethuk sebagai salah satu  pangan lokal Indonesia dapat menjadi makanan kelas global yang mampu bersaing di pasar ASEAN tanpa meninggalkan nilai kearifan lokalnya.

Gethuk karya mahasiswa IPB ini diberi nama Gethuk Instan “TUKKU” yang dirancang  sebagai  produk pangan siap saji (ready to serve) yang memerlukan proses rehidrasi selama 2-3 menit sebelum disajikan. Produk ini dikemas dalam kemasan alumunium foil yang terdiri atas bubuk gethuk instan dan kelapa parut kering sebagai pelengkap.

Selain praktis, kondisi kering ini memungkinkan produk lebih awet sehingga dapat disimpan lebih lama. Dalam satu kemasan Gethuk Instan “TUKKU” (50 gram) seharga Rp 20 ribu per pcs mampu menyediakan asupan 261.60 kkal energi; 52.46 g karbohidrat; 1.58 g protein; dan 5.31 g lemak. (IK-SS)

Check Also

Mahasiswa IPB Ciptakan Eco Selebgram untuk Generasi Millenial

Edupost.id – Yazidah Nur Rahmah, mahasiswa Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *