Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Guru Besar IPB Ubah Limbah Pertanian Jadi Produk Ramah Lingkungan

Guru Besar IPB Ubah Limbah Pertanian Jadi Produk Ramah Lingkungan

BOGOR – Khaswar Syamsu, Guru Besar dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (Fateta IPB) telah menghasilkan berbagai macam bioproduk yang ramah lingkungan dari limbah pertanian. Bioproduk adalah bahan yg dihasilkan mikroba diantaranya bioethanol, bioplastik dan bioselulosa.

Dengan judul orasi “Pengembangan Bioproduk Ramah Lingkungan untuk Meminimalkan Kerusakan Lingkungan”, Khaswar memaparkan hasil risetnya selama ini. Menurutnya, mikroba lebih potensial untuk menghasilkan produk karena hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk proses produksinya.

Khaswar menggunakan mikrobia dalam pembuatan kertas. Ia menemukan bahwa selulosa mikrobial dapat dijadikan bahan alternatif pengganti kayu dalam proses pembuatan kertas. Pulp selulosa mikrobial telah terbukti bisa digunakan sebagai bahan pembuat kertas yang kuat dan ramah lingkungan. Kualitasnya (indeks tarik dan indeks sobek) berada di atas kualitas kertas dari pulp Acacia mangium, jerami, bagas, dan pulp abaka. Daya serap airnya lebih rendah daripada kertas bungkus dan kertas dari batang pisang ambon.

Kemudian, Khaswar juga memanfaatkan mikroba untuk produksi bioplastik. Penelitian plastik ramah lingkungan yang mutakhir adalah bioplastik nanofiber selulosa asetat dari selulosa tandan kosong kelapa sawit. Aplikasinya bisa digunakan pada kemasan seperti plastik pembungkus sekali pakai langsung buang.

Untuk membentuk bioplastik, selulosa tandan kosong kelapa sawit diasetilasi dengan asetat anhibrida untuk menghasilkan selulosa asetat. Selulosa asetat memiliki kualitas sangat baik dengan transparansi yang baik, kekuatan tarik tinggi, tahan panas, daya serap air rendah dan mudah terdegradasi secara alami sehingga cocok digunakan sebagai bahan bioplastik.

Berkat ketekunannya melakukan riset yang berbasis ramah lingkungan, beberapa riset Prof. Khaswar berhasil masuk dalam Business Innovation Center (BIC) Kementerian Riset dan Teknologi RI dan mendapatkan Tribute Award dari Rektor IPB. (IPB/IK-SS)

Check Also

menristekdikti-Muhammad-Nasir

Menteri Nasir Minta PTS Tingkatkan Akreditasi

Edupost.id – Menristekdikti Mohamad Nasir meminta perguruan tinggi swasta (PTS) dapat segera meningkatkan akreditasinya. Pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *