Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Guru Besar UGM Terima Penghargaan dari UNESCO

Guru Besar UGM Terima Penghargaan dari UNESCO

YOGYAKARTA – Guru Besar Fakultas Farmasi UGM Umar Anggara Jenie menjadi salah satu dari 14 tokoh nasional yang memperoleh penghargaan dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penghargaan yang diterima Umar merupakan apresiasi dari UNESCO atas kipahnya dalam mengembangkan bidang sains di Indonesia.

Salah satu yang pernah dirintisnya adalah memfasilitasi para ilmuwan muda untuk mengikuti Lindau Nobel Laureate Meeting sejak 2004 hingga 2008.

Saat itu, ia masih menjabat Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Menurutnya, pertemuan itu sangat presitius karena mempertemukan para ilmuwan muda yang berumur kurang dari 40 tahun dari negara dunia berkembang dengan para tokoh peraih nobel bidang fisika, biologi dan kedokteran. “Saat itu saya pernah berhasil mengirim 15 orang peneliti muda Indonesia setiap tahunnya dalam pertemuan tersebut,” imbuhnya.

Umar menyampaikan, tidak mudah bagi ilmuwan muda bisa mengikuti pertemuan tahunan yang digelar di sebuah pulau di Jerman tersebut. Paling tidak salah satu syaratnya memiliki reputasi dalam publikasi riset sains. “Ilmuwan yang mengikuti ini memiliki reputasi baik dalam publikasi dan kemampuan berkomunikasi,” ungkapnya.

Ia menuturkan, apa yang dilakukannya bukan semata-mata menjalankan program UNESCO,  melainkan mendorong ilmuwan muda menimba pengalaman lebih banyak dengan para peraih nobel di bidang sains “Pengalaman tidak hanya ikut pertemuan, kita bisa menjalin kerja sama dan menggunakan fasilitas laboratorium riset dari negara maju,” ujarnya.

Umar menilai, banyak peneliti di Indonesia bahkan di negara dunia ketiga  tidak banyak tertarik dengan riset penelitian dasar, mereka  lebih banyak tertarik pada riset ilmu terapan. Padahal menurutnya, penelitian dasar merupakan kunci bagi sebuah bangsa dalam penguasaan ilmu sains. (UGM/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *