Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Guru Besar Unsyiah Banda Aceh Bertambah Menjadi 44

Guru Besar Unsyiah Banda Aceh Bertambah Menjadi 44

Aceh- Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh mengukuhkan tiga profesor baru dari berbagai bidang studi, Selasa (24/2). Dengan demikian jumlah guru besar Unsyiah kini menjadi 44 orang.

Ketiga profesor tersebut yakni Prof Dr Adwani, SH, MHum dari Fakultas Hukum, Prof Dr drh Darmawi, MSi dari Fakultas Kedokteran Hewan, dan Prof Dr Muchlisin ZA, SPi, MSc dari Fakultas Kelautan dan Perikanan.Pengukuhan ketiga profesor ini dilakukan oleh Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal dalam rapat senat di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh.

Saat pengukuhan, ketiga profesor tersebut menyampaikan pidato ilmiah. Adwani memaparkan hasil risetnya yang berjudul “Perlindungan Terhadap Korban dalam Daerah Konflik Bersenjata Menurut Perspektif Hukum Humaniter Internasional”.

Kemudian dilanjutkan Muchlisin ZA yang menyampaikanpidato ilmiah berjudul “Refleksi Kondisi Perikanan Aceh untuk Menata dan Menyongsong Masa Depan Aceh yang Gemilang”. Sementara Darmawi berpidato tentang “Pengembangan Teknologi Immunoglobin Yolk sebagai Alternatif Immunodiagnostik dan Pengendalian Penyakit pada Hewan dan Manusia”.

Rektor Unsyiah, Samsul Rizal menyampaikan dalam sambutannya bahwa kepakaran ketiga profesor tersebut sangat dibutuhkan saat ini. Hasil riset Muchlisin ZA sangat diperlukan untuk pengembangan sumber daya alam di Aceh, sementara penelitian Darmawi bisa diaplikasikan untuk immunodiagnostik, pencegahan dan pengobatan penyakit tertentu pada hewan dan manusia. Begitupula kajian Adwani sangat dibutuhkan saat ini karena terhubung langsung dengan prespektif hukum humaniter internasional.

Meskipun guru besar di Unsyiah kini bertambah, menurut Samsul, jumlah yang ada sekarang masih belum ideal jika dibandingkan dengan jumlah dosen Unsyiah. Saat ini Unsyiah memiliki 1.506 dosen, maka persentase jumlah guru besar belum mencapai tiga persen.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *