Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / HA IPB Komitmen Kawal Hasil Konvensi Hingga Proses Terpilihnya Rektor Baru
Himpunan Alumni (HA) IPB
Konvensi Bakal Calon Rektor (BCR) IPB periode 2017-2022 oleh Himpunan Alumni (HA) IPB. (Humas HA)

HA IPB Komitmen Kawal Hasil Konvensi Hingga Proses Terpilihnya Rektor Baru

Bogor – Proses konvensi Bakal Calon Rektor (BCR) IPB periode 2017-2022 yang dilakukan oleh Himpunan Alumni (HA) IPB telah usai diselenggarakan akhir pekan lalu (20/5). Sebanyak tiga orang peserta konvensi dinyatakan lolos sebagai BCR setelah melalui uji kompetensi dalam konvensi.

Ketiga BCR tersebut adalah Bayu Krisnamurthi, Rinekso Soekmadi, dan Wiku Adisasmito.

Menurut Ketua Panitia SC Pelaksana Konvensi BCR IPB Iriana Muazd, Minggu (28/5), digelarnya proses konvensi mendapat banyak respon positif dari berbagai stakeholder.

Menyikapi dan menghargai tingginya tanggapan sikap positif tersebut, menurut Iriana, HA IPB berkomitmen terus menjaga hasil konvensi BCR IPB hingga ke Panitia Pemilihan Rektor IPB. Bukan hanya itu, Iriana juga mengungkapkan hingga proses selanjutnya HA IPB tetap akan terlibat.

Iriana mengungkapkan, uji kompetensi merupakan cara perusahaan, baik BUMN besar maupun multinasional, mencari pemimpin organisasinya. Tes ini bisa menunjukkan kesiapan orang tersebut mengemban tangung jawabnya.

Nilai hasil uji kompetensi bisa bagus apabila seseorang memiliki kecukupan dalam hal: ilmu pengetahuan formal, kepribadian yang matang untuk jabatan tersebut, keahlian yang terlatih melalui pengalaman di pekerjaan sebelumnya dan terakhir adalah apakah eksposur yang bersangkutan sudah cukup untuk mengalami eksposur tekanan yang akan dialami di jabatan barunya.

Uji eksposur ini juga dilakukan lagi pada saat konvensi pada saat konvensi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan panelis baru dibuat bersama-sama dengan panitia seleksi HA IPB satu jam sebelum konvensi, sehingga semua pertanyaan adalah pertanyaan tiba-tiba.

Kemampuan BCR juga dinilai dari gagasannya akan IPB Masa Depan yang akan terus dikembangkannya.

Iriana menjelaskan, keterlibatan HA IPB ke depannya adalah mengawal dari awal hingga proses akhir terpilihnya Rektor baru IPB. Dengan begitu, ucap Iriana, HA IPB berperan aktif memberikan kontribusi untuk kemajuan almamater.

Bambang Hendroyono selaku Ketua Umum HA IPB mengatakan, bahwa HAIPB telah berusaha maksimal memberikan yang terbaik bagi almamater tercinta dan bangga dengan BCR yang terpilih.

Bambang mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu terlaksananya proses pemilihan, termasuk pada para anelis yang kredibel dan DDI yang juga berkontribusi cukup signifikan dalam uji kompetensi.

Selanjutnya, tanggal 30 Mei 2017, ketiga nama tersebut akan di daftarkan oleh HA IPB ke Panitia Pemilihan Rektor (PPR) IPB. Puncaknya, tanggal 15 November 2017 akan dilakukan pemilihan Rektor IPB untuk periode kepemimpinan 2017-2022 oleh Majelis Wali Amanat IPB. (AI-IPB)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Sosialisasikan Pemilihan Rektor Tahun Ini

Edupost.id – Panitia Pemilihan Rektor (PPR) Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mulai mensosialisasikan Pemilihan Rektor IPB …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *