Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Hadapi MEA, SDM Indonesia Jangan Kalah dengan Tenaga Asing

Hadapi MEA, SDM Indonesia Jangan Kalah dengan Tenaga Asing

SEMARANG – Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah di depan mata, mengharuskan sumber daya manusia (SDM) Indonesia siap bersaing dengan negara lain. Karena itu, perguruan tinggi (PT), sebagai institusi yang berperan dalam penyiapan SDM Indonesia dituntut untuk menghasilkan lulusan dengan kompetisi yang tersertifikasi.

Hal itu disampaikan Darwanto, Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan (Intala) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Lattas) Kemenaker.

Ia menyampaikan kuliah umum dengan tema  “Saling Pengakuan (Mutual Recognition) Kompetensi Keteknikan Di Antara Negara-Negara ASEAN dalam Konteks MEA”, Kamis(7/5) di depan mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang.

Darwanto menyampaikan, Kemenaker akan mengoptimalkan peran dan fungsinya untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja pada usia produktif.

“Di era pemberlakuan MEA tenaga kerja Indonesia harus mempunyai standar kompetensi yang dibutuhkan,” terangnya.

Tenaga kerja dikatakan kompeten, lanjutnya, jika memiliki 3 hal yang merupakan satu kesatuan, yaitu mempunyai pengetahuan yang memadai, ketrampilan sekaligus sikap terhadap suatu bidang kompetensi.

Darwanto  menyemangati, para lulusan PT tidak boleh kalah bersaing dengan tenaga asing. Menurutnya, mahasiswa perlu mempersiapkan diri terutama dalam kemampuan berbahasa. Ia menyoroti, tidak hanya mahasiswa, kemampuan dosen dalam berbahasa asing pun perlu ditingkatkan.

“Saya melihat keahlian dan keilmuan mahasiswa tidak kalah, namun sering kali kita kalah dalam berbahasa,” ujarnya. (Undip/Ulfa)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *