Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Hari Bumi, IPB Launching Green Movement
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

Hari Bumi, IPB Launching Green Movement

Edupost.id, Bogor – Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Launching Green Movement di lapangan upacara gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Darmaga Bogor, (22/4). Agenda tersebut bertepatan dengan Hari Bumi Internasional. Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga mahasiswa (BEM KM) IPB dan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) dengan aktivis lingkungan menginisiasi aksi nyata bersih-bersih di unit kerja Kampus IPB.

Rektor IPB, Herry Suhardiyanto juga mendeklarasikan IPB sebagai Kampus Biodiversitas. Kampus Biodiversitas merupakan kampus dengan keanekaragaman hayati tinggi dan mempertimbangkan kelestarian keanekaragaman hayati. Terutama dalam pengembangannya melalui komitmen sivitas akademika dalam melestarikan keanekaragaman hayati.

Pada tahun 2015, tambah Herry, Himpunan Mahasiswa Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (Himakova) Fakultas Kehutanan (Fahutan) IPB, mencatat terdapat 22 jenis mamalia, 88 jenis burung, 36 jenis reptil, 12 jenis amphibi, 72 jenis kupu-kupu dan 169 jenis flora dalam kampus IPB. “Ini belum termasuk jenis serangga, biota air, cendawan dan fungi, ikan dan tumbuhan bawah,” ujarnya.

IPB menargetkan tahun 2020 sudah mendapatkan predikat Green Campus. Ketua Tim Green Campus IPB, Agus Oman Sudrajat menyampaikan, gerakan menuju IPB Green Campus 2020 bertujuan untuk mengembangkan perilaku warga IPB yang berwawasan lingkungan. Dalam program Green Movement, mahasiswa sebagai inisiator gerakan peduli lingkungan.

Kepala Biro HPH IPB, Yatri Indah Kusumastuti mengungkapkan, IPB membuat tahapan implementasi menuju Green Campus. “Persiapan dan sosialisasi (2015), pembangunan kapasitas dan infrastruktur (2016), inisiasi green energy (2017), persiapan manajemen limbah atau waste management preparation (2018), green building reorientation (2019) dan IPB green campus (2020),” jelasnya.

Kegiatan Launching Green Movement ini dimulai dengan bersepeda bersama pimpinan IPB dan mahasiswa. Acara ditutup dengan aksi bersih di seluruh unit kerja IPB, pembersihan kiambang di danau dan penebaran bibit ikan Grass Carps di Situ Perikanan. (IPB/Nisa)

Check Also

kucing tuntun pulang pendaki tersesat di swiss

Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing

Edupost.ID- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih menjadi sahabat di rumah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *