Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Hari Hutan Internasional 2015, UI Mendapat Tambahan 1.000 Pohon

Hari Hutan Internasional 2015, UI Mendapat Tambahan 1.000 Pohon

DEPOK- Sebanyak 700 pelajar sekolah dasar menanam bibit pohon di area Hutan Universitas Indonesia (UI). Kegiatan yang juga diikuti mahasiswa UI dan masyarakat umum itu merupakan bagian dari acara peringatan Hari Hutan Internasional 2015.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail dan Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis turut serta dalam kegiatan yang diadakan akhir pekan lalu tersebut.

Dalam acara ini diadakan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama terkait penelitian dan pengembangan lingkungan hidup dan kehutanan antara Rektor UI Muhammad Anis dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Kegiatan ini sebagai dukungan terhadap implementasi UU No. 26/2007 tentang Penataan Ruang dengan target yang ingin dicapai oleh Pemerintah adalah luas Ruang Terbuka Hijau paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota.

Siti Nurbaya menjelaskan, perayaan Hari Hutan Internasional 2015 merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan kesadaran publik tentang peran hutan dalam menurunkan tingkat emisi gas. Saat ini Indonesia masih memiliki 3.987,4 hektar Hutan Kota, yang tersebar di 34 provinsi.

“Salah satu kawasan hutan kota yang penting untuk cadangan air di kawasan Jakarta dan sekitarnya adalah hutan kota Kampus UI, Depok. Dengan luasan 150 hektar, hutan kota ini memiliki koleksi pepohonan ekosistem Indonesia bagian timur dan barat, vegetasi asli Jabodetabek, serta enam danau yang harus dilestarikan,” papar Nurbaya dalam sambutannya.

Rektor UI, Muhammad Anis menuturkan, UI mendukung sepenuhnya pelestarian serta peningkatan jumlah luas Ruang Terbuka Hijau di DKI Jakarta serta kota satelitnya seperti Depok.

“Kegiatan penanaman pohon di Hutan Kota UI sejalan dengan upaya UI mendorong terciptanya green campus serta pendidikan lingkungan bagi masyarakat, terutama mahasiswa UI dan pelajar pada umumnya,” jelas Anis.

UI memiliki ekosistem hijau yang terdiri atas Bangunan fisik gedung dan penyangga hijauan lansekap (170 hektar), ekosistem perairan (30 hektar), kawasan Hutan Kota (100 hektar) dan sarana prasarana penunjang termasuk penyangga lingkungan (12 hektar). (IK/SS)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *