Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Hari Pangan Sedunia, Mahasiswa Bagikan Panganan Lokal

Hari Pangan Sedunia, Mahasiswa Bagikan Panganan Lokal

Edupost.ID, Yogyakarta-Memperingati Hari Pangan Sedunia, Masyarakat Ilmuwan Teknologi Indonesia (MITI) Klaster Mahasiswa melakukan aksi longmarch ‘Go Pangan Lokal’, Minggu (18/10). Aksi dimulai dari depan gedung DPRD DIY pukul 15.00 WIB menuju titik nol kilometer Kota Yogyakarta. Aksi ini serentak di 10 kota di Indonesia.

Kesepuluh kota yang juga mengadakan aksi Go Pangan Lokal adalah Medan, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Kendari, Palangkaraya, Riau, Bengkulu, Gorontalo, dan Makassar.

Sebanyak lebih dari 100 mahasiswa yang berasal dari universitas se-Yogyakarta turut serta dalam acara ini. Mereka terdiri dari BEM-KM UGM, BEM FTP UGM, Aliansi BEM Agro UGM, Gama Cendekia, ASC UGM, KAB UGM, KPM UMY, FKIST UIN, UKMP UNY, Exact UIN, dan LABMA UII.

“Ada dua poin disuarakan, yaitu pangan lokal dan kedaulatan pangan. Dua hal itu sudah mengkover semuanya,” ujar Ketua MITI-KM, Ari Akbar Devananta.

Aksi yang dihelat oleh MITI Klaster Mahasiswa dengan menggandeng berbagai keilmuan kampus ini menyosialisasikan dan mengkampanyekan upaya pelestarian pangan lokal serta mendukung penuh terwujudnya kedaulatan pangan di Indonesia.

Acara dimulai dari briefing di DPRD, kemudian long march sambil membagikan brosur dan orasi, serta pembacaan puisi di titik nol kilometer. Sebuah gunungan berisi lebih dari 100 makanan lokal turut dibagikan selama long march.

Orasi tentang kedaulatan pangan. Orasi dilakukan dua kali, yaitu ketika orasi di sepanjang jalan Malioboro dan di nol kilometer. Mereka juga menjual beberapa makanan lokal hasil buah tangan masyarakat.

“Kami ingin masyarakat dan pemerintah punya perhatian lebih pada pangan lokal,” kata Ari. Hal ini karena di Indonesia belum ada hari khusus memperingati pangan lokal, sedangkan di luar negeri sudah ada. Ari mencontohkan Hari Singkong, Hari Gethuk, dan sebagainya.  (Nurfi)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *