Kamis , 30 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / HAYATI IPB, Jurnal Pertama di Indonesia yang Terbit di Elsevier

HAYATI IPB, Jurnal Pertama di Indonesia yang Terbit di Elsevier

BOGOR – Jurnal ilmiah HAYATI Journal of Biosciences (J Biosci) milik Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi jurnal pertama dan satu-satunya yang diterbitkan secara online oleh penerbit terkemuka Elsevier. Jurnal IPB ini telah dicantumkan di halaman Elsevier.com dan portal artikel ilmiah Science Direct milik Elsevier.

Sebelumnya, sejak tahun 2014 Rektor IPB serta HAYATI J Biosci telah melakukan beberapa pertemuan dengan perwakilan Elsevier untuk wilayah Asia. Hingga tercapai kesepakatan kerjasama yang diresmikan dengan penandatanganan Letter of Intent pada April lalu.

Laman jurnal ilmiah HAYATI J Biosci resmi online di laman Elsevier sejak 5 Agustus 2015 (http://www.journals.elsevier.com/hayati-journal-of-biosciences).

Berkat kerjasama ini, pengelola, penelaah, penulis, dan pembaca HAYATI J Biosci dapat menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Elsevier seperti portal artikel ilmiah Science Direct, sistem pengelolaan naskah online EES/EVISE, keanggotaan di Committee on Publication Ethics (COPE). Kemudian, penggunaan piranti lunak anti plagiarismei-Thenticate, pengarsipan jangka panjang di berbagai lembaga arsip internasional, dan optimalisasi pada mesin pencari Google.

Sejak terbit tahun 1994, HAYATI J Biosci menjadi salah satu jurnal ilmiah nasional yang selalu terakreditasi oleh DIKTI. Pada tahun 2007, HAYATI J Biosci mulai mencanangkan internasionalisasi dengan mengubah bahasa penulisan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan melakukan penerbitan online dengan menggunakan Open Journal System (OJS) di laman Indonesian Journal Online milik DIKTI.

Ke depan, HAYATI J Biosci menargetkan untuk menjadi jurnal ilmiah yang dapat diindek oleh Scopus dan ISI Thomson tahun 2016 mendatang. (IPB/IK-SS)

Check Also

menristekdikti-Muhammad-Nasir

Menteri Nasir Minta PTS Tingkatkan Akreditasi

Edupost.id – Menristekdikti Mohamad Nasir meminta perguruan tinggi swasta (PTS) dapat segera meningkatkan akreditasinya. Pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *