Rabu , 14 November 2018
Home / Kabar Kampus / Hebat ! Mahasiswa ITS Raih 9 Medali di Ajang Penemu Muda Internasional
ilustrasi. Medali

Hebat ! Mahasiswa ITS Raih 9 Medali di Ajang Penemu Muda Internasional

Edupost.id – Prestasi membanggakan datang dari tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya ( ITS). Mereka berhasil membawa pulang 9 medali di International Young Inventors Awards (IYIA) ke-5, di Beach Sanur, Bali.

Ketujuh tim berasal dari departemen berbeda: 4 tim Departemen Kimia, 2 tim Tim Teknik Kimia Industri Aryaraka, dan 1 tim dari Tim Antena Teknik Material. Dari perolehan sembilan medali dari kontingen ITS, 3 di antaranya adalah medali emas. Dua emas disumbangkan tim Departemen Kimia sekaligus.

Kemudian, emas kedua diperoleh dari Microbial Fuel Cell (MFC) inovatif. Inovasi ini adalah andalan tim yang diketuai oleh Wulan Aulia. “Sangat senang bisa bersaing di kancah internasional, terutama ketika tim kami berhasil mempersembahkan medali emas untuk ITS,” ujar Wulan.

Wulan menambahkan, keberhasilan ini bukanlah akhir perjuangan timnya, karena masih banyak proses yang harus dikembangkan lebih lanjut nantinya. Bukan hanya medali emas, dua tim lainnya dari Departemen Kimia juga berhasil menyumbangkan medali perak. Sementara medali emas ketiga dimenangkan oleh ITS dari Tim Antrean Teknik Material.

Dalam kompetisi itu, Tim Antasena membawa tiga karya sekaligus yaitu Roda Karbon Antasena, Antasena Vledee A-1 dan Antasena Al-Air Battery P-1. Melalui tiga karya inovatif ini, dua dari mereka masing-masing menerima satu medali perunggu.

Sementara itu, medali perak dan perunggu lainnya berhasil dibawa pulang oleh Tim Aryaraka berkat ide pengolahan limbah industri menjadi biogas dan pengolahan air dengan elektrokoagulasi menggunakan elektroda aluminium. (ITS)

Check Also

Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Dua Jurusan ITS Ini Baru Dibuka, langsung Diserbu Pendaftar SBMPTN !

Edupost.id – Kasubdit Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaan Kuliah Bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Siti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=