Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Hemat Listrik dengan Eposim Karya Mahasiswa ITS
Hemat Listrik dengan Eposim Karya Mahasiswa ITS
Hemat Listrik dengan Eposim Karya Mahasiswa ITS (foto: ITS)

Hemat Listrik dengan Eposim Karya Mahasiswa ITS

Edupost.id -Mahasiswa ITS membuat terobosan cara menghemat listrik dengan menggagas Eco Power Simulator (Eposim). Ide tersebut dicetuskan I Putu Giovanni Eliezer bersama timnya Tommy Andre Oktawijaya, Dio Adya Pratama, Dika Lazuardi Akbar, Rachmad Ady Zakaria, dan Rony Seto Wibowo.

Eposim merupakan software untuk mengoptimalkan daya bangkitan listrik oleh pembangkit. Penggunaan eposim ini akan berpengaruh pada biaya dan emisi gas buang. Ide yang dicetus oleh Gio dan keempat temannya yakni  tersebut berawal dari beberapa permasalahan yang ada.

“Kebutuhan tenaga listrik suatu daerah terus menerus akan mengalami peningkatan, sejalan dengan pembangunan dan kemajuan daerah tersebut,” ungkap Gio. Ia menyebut, sistem tenaga listrik besar yang memiliki pembangkit-pembangkit termal seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) akan menghadapi permasalahan dalam hal biaya bahan bakar selama pengoperasiannya.

Peran dari Eposim pada permasalahan tersebut yaitu melakukan simulasi dari data Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) guna memecahkan permasalahan tersebut. RUPTL adalah statistik perencanaan setiap sepuluh tahun oleh Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Inovasi software ini tentunya akan dirasakan manfaatnya oleh penyedia layanan listrik juga peneliti di bidang optimasi tenaga listrik. “Software kami masih inovasi awal, jadi masih perlu banyak pengembangan,” tutur Gio.

Ia berharap Eposim dapat dikembangkan ke perhitungan sistem kelistrikan yang lebih rumit. Gio seraya berharap dapat menggandeng penyedia layanan listrik dengan langkah awal ini. (ITS/IK-SS)

Check Also

Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS

Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS

Edupost.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mempertahankan predikat juara pertama Mahasiswa Beprestasi (Mawapres) Program …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *