Rabu , 18 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Hemat Listrik dengan Termo Roof Panel Terobosan UNY
Hemat Listrik dengan Termo Roof Panel Terobosan UNY
Hemat Listrik dengan Termo Roof Panel Terobosan UNY

Hemat Listrik dengan Termo Roof Panel Terobosan UNY

Edupost.id – Tim mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat terobosan berupa Termo Roof Panel. Teknologi temuan mereka ini dapat mengumpulkan panas matahari menjadi energi listrik (solar heat harvester) dengan berbasis phase change material sebagai solusi mengatasi krisis energi listrik di Indonesia.

Tim UNY ini beranggotakan Arizka Setya windhiarti, Riyan Sugiarto, Dyah Ayu Pratiwi, Nida Arifatul Hasanah, dan Mohamad Dirgantara Nurul Galaksi.

“Dasar alat Termo Roof Panel memanfaatkan energi panas matahari yang akan diubah menjadi energi listrik dengan bantuan phase change material, phase change material yang akan digunakan adalah jenis paraffin organic yang akan disatukan dengan panel atap berupa genteng berbahan dasar metal,” ujar Dirgantara.

Ia menjelaskan bahwa Termo Roof Panel  ini berfungsi untuk tenaga memanfaatkan panas matahari guna mengoptimalkan energi alam yang disediakan oleh bumi. Selain dapat digunakan sebagai energi, Termo Roof Panel dapat juga berfungsi sebagai atap bangunan sehingga dalam satu alat mengandung dua manfaat yang bisa di manfaatkan langsung.

Dirgantara menjelaskan, cara kerja Termoelektrik Generator (TEG) dengan cara  panas masuk pada salah satu sisi dan dibuang dari sisi lainnya lalu transfer panas tersebut menghasilkan suatu tegangan yang melewati sambungan termoelektrik dan besaran tegangan listrik yang dihasilkan sebanding dengan gradien suhu.

“Prinsip kerja dari Termo Roof Panel adalah dengan menyerap panas bumi lalu diserap oleh genteng dan PCM panas yang telah terkumpul diteruskan oleh TEG untuk dirubah menjadi tenaga listrik dengan cara menyambungkan kabel-kabel pada Termoelektrik generator dihubungkan satu persatu secara seri dengan menggunakan kabel,” ungkapnya.

Termo Roof Panel ini mempunyai keunggulan yaitu ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi seperti halnya bahan bakar fosil yang selama ini digunakan. “Selain itu, sebagai pengolah limbah, karena Termo Roof Panel menggunakan bahan yang salah satu komponennya adalah limbah plat atau seng dalam hal ini bermaksud mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi tingkat penghasilan limbah di Indonesia, keunggulan lain adalah kenyaman ruang dan lebih efisien,” imbuh Arizka. (UNY/IK-SS)

 

 

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *