Minggu , 28 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Hima Kimia UIN: Perkenalkan Pemanfaatan Nanomaterial
UIN-Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Hima Kimia UIN: Perkenalkan Pemanfaatan Nanomaterial

Edupost.id –Nanomaterial, di dalam dunia sains ternyata dapat diaplkasikan menjadi bentuk teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bagi para ahli kimia, barangkali ini bukan hal yang baru.

Untuk lebih memperkenalkan konsep aplikasi nanomaterial dalam bidang teknologi, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar Seminar Nasional  “Aplikasi Nanomaterial dalam Pengembangan Teknologi’. Acara ini digelar di Convention Hall kampus setempat, Sabtu (1/10).

Viki Fathurrahman selaku ketua panitia mengatakan, nanomaterial merupakan material yang mempunyai ukuran sangat kecil dalam skala nanometer. Penerapan nanomaterial dalam bidang teknologi memang sudah diakui di kalangan ilmuwan. Dan melalui seminar ini, ia ingin lebih memperkenalkan konsep ini ke masyarakat luas yang tertarik dengan konsep ini.

“Ternyata respon masyarakat luas cukup baik, ditandai dengan jumlah peserta yang mencapai 150 orang,” ujar Viki kepada Edupost.id di sela – sela seminar.

Ditambahkan, dua orang pembicara dihadirkan dalam seminar ini. Sebagai pembicara pertama adalah Fitri Khoerunnisa,Ph.D., dosen dan peneliti di Departemen Kimia Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Pembicara lain yang dihadirkan adalah Dr. Agus Subagio, M.Si., dosen Fisika Material Universitas Diponegoro Semarang.

Acara seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Chemistry Festival Competition (CFC) UIN Sunan Kalijaga 2016. Selain seminar, telah digelar pula acara Olimpiade Kimia SMA pada 24 September lalu. Sebagai juara 1 olimpiade ini adalah MAN 2 Kebumen, disusul SMAN 1 Banjarnegara dan SMAN 8 Yogyakarta sebagai juara 2 dan juara 3. (Andi)

Check Also

Hima Biologi UIN Suka akan Gelar Olimpiade Biologi SMA

Hima Biologi UIN Suka Gelar Olimpiade Tingkat SMA

Edupost.ID – Himpunan Mahasiswa Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan menggelar Olimpiade Biologi Tingkat Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *