Kamis , 21 September 2017
Home / Kabar Kampus / HMJ UNJ Gelar Seminar Gerakan Kepemudaan

HMJ UNJ Gelar Seminar Gerakan Kepemudaan

Edupost.ID, Jakarta – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (HMJ UNJ) menyelenggarakan seminar dengan tema ‘Gerakan Kepemudaan’. Seminar yang digelar kemarin (3/11) di gedung Sertifikasi Guru UNJ ini dimulai pukul 11.00-16.00 WIB.

Ariyan Ramadhan, Ketua Pelaksana Acara menyampaikan kepada Edupost.ID bahwa seminar ini menghadirkan Pemerhati Pendidikan, Asdo Alam; Anggota Pengusaha Muslim Indonesia, Muhamad Ilyas; dan Aktivis 1998, Hanri Basel.

“Motivasi dari acara ini untuk membangun jiwa-jiwa pemuda Indonesia dengan target mahasiswa UNJ agar berasaskan atau tidak melupakan hari Sumpah Pemuda dimana bisa dijadikan contoh dan teladan yang baik,” ungkap Ariyan. Ia berharap, pemuda Indonesia terus berkobar semangatnya dan menjadi generasi muda yang lebih baik.

Hanri Basel dalam seminar tersebut menjelaskan bahwa untuk menghasilkan negara yang aman, adil, dan makmur bisa dimulai dari kelompok menengah, yaitu pemuda. “Bila ingin mengritik atau membantu pemerintah untuk menghasilkan negara yang aman, adil, dan makmur, bisa dilakukan oleh kelompok menengah, yaitu mahasiswa. Kalau kelompok bawah, mereka akan lebih mementingkan bagaimana keluarganya bisa makan atau memenuhi kebutuhan sehingga sulit untuk kontribusi dengan pemerintah. Sedangkan kelompok atas, merasa hidupnya sudah enak, pemilik modal dan kepentingan, akan sulit juga untuk bergabung,” kata Hanri Basel.

Ia menambahkan bahwa pemuda harus berkarya dan berbagi peran satu sama lain. Peran pemuda begitu besar dalam pembangunan bangsa Indonesia. Mimpi dan cita-cita sebuah negara bisa terwujud dengan sumbangsih pemikiran dan perjuangan para pemuda. Karena itu, lanjutnya, kembali kepada kemauan dan kemampuan pemuda itu sendiri bagaimana ia bisa bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara. (Reza)

Check Also

Dorong Inovasi Kewirausahaan, Kemdikbud Gelar FIKSI 2017

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Dasar dan Menengah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *