Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Ide Inovatif Mahasiswa UNS Unggul dalam Kompetisi di Korsel
Ide Inovatif Mahasiswa UNS Unggul dalam Kompetisi di Korsel
Universitas Sebelas Maret (UNS)

Ide Inovatif Mahasiswa UNS Unggul dalam Kompetisi di Korsel

Edupost.id – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menorehkan prestasi di kancah internasional. Tiga mahasiswa Program Studi (S-1) Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik (PWK FT) UNS berhasil menjuarai “Busan Global Smart Cities Challenge” di Busan, Korea Selatan, 7-9 September lalu.

Kompetisi tersebut ditujukan bagi kalangan yang memiliki ide inovatif dalam memanfaatkan kekuatan teknologi digital untuk kemajuan, keamanaan, dan kenyamanan sebuah kota sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup orang. Kompetisi yang merupakan salah satu rangkaian acara “The 3rd Young ICT Leaders’ Forum” tersebut digelar atas kerja sama The International Telecommunication Union (ITU) dan Pemerintah Busan.

Ketiga mahasiswa itu ialah Azrina Farania, Salsabila Imtiyas, dan Eldora Aristian Lintang dengan bimbingan Dosen PWK, Rufia Andisetyana Putri. Mereka mempresentasikan ide mengenai pengembangan smart city yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan pedagang kaki lima (PKL).

“Sebenarnya yang dilombakan itu ide, dan kita punya ide bagaimana cara meningkatkan peluang pengembangan usaha dagang PKL, dimulai di Solo. Inovasi yang kami lakukan yakni mendekatkan mereka (PKL) dengan konsumen untuk memasarkan produknya, serta pedagang pasar tradisional untuk bahan bakunya, dengan membuat aplikasi semacam mesin pencari,” ujar Rufia mewakili anak bimbingnya.

Ilustrasi yang diberikan Rufia mengenai ide tersebut adalah jika suatu saat dirinya sedang berpergian dan di tengah jalan ban sepeda motor miliknya bocor, nantinya ia bisa menemukan tambal ban di sekitar lokasi tersebut dengan cara yang praktis, yakni dengan menggunakan mesin pencari yang mereka beri nama “Angkring”.

Ia menambahkan bahwa PKL itu tidak hanya makanan. “Tapi, PKL itu juga bisa dalam bentuk jasa, seperti pembuat kunci,  tambal ban,” tuturnya.

Check Also

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Mahasiswa UNS Ciptakan Aplikasi Bimbingan Belajar Cariles

Edupost.ID- Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *