Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Ilmuwan Ini Temukan Serat Rami Sebagai Bahan Penyusun Kapal

Ilmuwan Ini Temukan Serat Rami Sebagai Bahan Penyusun Kapal

YOGYAKARTA – Ilmuwan Universitas Hasanuddin, Zulkifli Djafar menemukan, bahan serat alam rami (Boehmeria Nivea) yang bisa dijadikan sebagai bahan komposit untuk industri galangan kapal. Tanaman tersebut memiliki kandungan serat yang tinggi namun pemanfaatannya hanya sebatas sebagai material dasar pembuatan pakaian dan kertas. Padahal bahan rami ini bisa dimanfaatkan untuk menggantikan serat sintetis yang selama ini masih diimpor dari luar negeri.

Zulkifli yang juga Dosen Jurusan Teknik Mesin, menyampaikan hasil penelitiannya tersebut dalam ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Kamis lalu. Bertindak selaku promotor Jamasr, Ko-promotor Heru S.B. Rochardjo, dan J.P Gentur Sutapa.

Menurut penelitian Zulkifli, serat rami berpotensi sebagai bahan komposit untuk lambung kapal. Bahan yang dimanfaatkan adalah material komposit tenunan serat rami yang memilili kemampuan terhadap sifat mekanis dan degradasi akibat lingkungan air laut.

Serat rami, lanjutnya, memiliki sifat hidrofilik sehingga mudah membesar ukurannya bila terendam air dalam waktu lama. Hal itu disebabkan, air akan mengisi celah-celah serat karena adanya ikatan kimia dalam molekul selulosa  serat. “Ikatan yang kuat antar serat dan matrik merupakan faktor yang sangat penting bagi serat rami untuk bahan komposit,” jelasnya.

Ia menambahkan, penggunaan material komposit serat rami sangat berperan di lingkungan air laut khususnya untuk industri kapal. Kedepannya pemanfaatan itu bisa memberdayakan potensi alam dan tenaga kerja lokal dengan mengembangkan tenunan serat rami sebagai material galangan kapal. (UGM/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *