Kamis , 17 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / Ingin Terapkan UKT, UIN Jakarta Studi ke IPB
Gedung Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Gedung Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ingin Terapkan UKT, UIN Jakarta Studi ke IPB

Edupost.id – Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berencana akan segera menerapkan uang kuliah tunggal (UKT) di kampusnya. Karena itu, delegasi kampus tersebut belum lama ini melakukan kunjungan ke Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk studi banding. 

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaenal Arifin menyampaikan, terimakasih atas penyambutan yang sangat baik oleh IPB. “Kami diamanahkan Rektor UIN untuk menyelesaikan persoalan UKT dan ‘ngaji’ ke IPB. Kami juga ingin menggali pengalaman IPB dalam menerapkan UKT,“ ujarnya.

SI IPB, Ibnul Qayim menyampaikan, IPB menerapkan UKT berdasarkan kelompok penghasilan orangtua, hal itu dimaksudkan supaya lebih berkeadilan. “Di IPB biaya UKT diterapkan di semua jalur masuk penerimaan. Satu hal yang penting bahwa dalam menerapkan besaran UKT harus disiapkan dahulu perangkat peraturan yang berjenjang, sehingga ada dasar hukum mengapa UKT diterapkan demikian,” paparnya.

UKT adalah bentuk sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) yang merupakan kontribusi orangtua mahasiswa atas penyelenggaraan pendidikan di IPB yang besarnya ditentukan dengan mempertimbangkan kondisi sosial-ekonomi mahasiswa yang bersangkutan dan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) tiap program studi. Besaran UKT nilainya tetap sampai mahasiswa yang bersangkutan lulus dari IPB.

Pada kesempatan ini, Tim UIN berdiskusi intensif dengan Kepala Biro Keuangan IPB, terutama terkait pengalaman IPB dalam menetapkan UKT.

Check Also

Alat Ekstraksi Minyak Atsiri Inovasi IPB Lolos PIMNAS 2017

Alat Ekstraksi Minyak Atsiri IPB Lolos PIMNAS 2017

Edupost.id – Inovasi yang dikembangkan tim mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil lolos Pekan Ilmiah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *