Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / IPB akan Kembangkan Domba Super di Green Lamb D’IPB

IPB akan Kembangkan Domba Super di Green Lamb D’IPB

BOGOR – IPB menggelar “Panen Perdana Kelapa Sawit dan Launching Greeen Lamb D’IPB” di Jonggol, Kabupaten Bogor pada Senin lalu (25/5). Area hijau tersebut merupakan Kebun Pendidikan dan Penelitian Kelapa Sawit IPB-Cargil milik Fakultas Pertanian (Faperta) dan Fakultas Peternakan (Fapet) IPB.

Dalam sambutannya, Rektor IPB, Herry Suhardiyanto mengucapkan terima kasih kepada beberapa perusahaan swasta yang telah membantu pendanaan maupun penyediaan bibit kelapa sawit berkualitas baik.

”Ini merupakan wujud nyata kebersamaan kita untuk memperjuangkan agar kelapa sawit menjadi instrumen penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan sekaligus pemerataan  pembangunan,” terang Herry.

Ia juga berharap,  launching Greeen Lamb D’IPB bisa mengukir sejarah produk IPB, menjadi model budidaya domba yang berorientasi pada mutu dan pakan yang berasal dari hijauan.

Dekan Fapet IPB, Luki Abdullah menuturkan, kegiatan Launching Green Lamb D’IPB ini merupakan pembukan lahan hijau untuk pakan domba. “Di sini akan dikembangkan jenis domba super. Jumlah ternak domba saat ini sebanyak 580 ekor yang dikembangkan dari hasil seleksi untuk tahan berbagai penyakit seperti terkena cacing. Produktivitas dagingnya sangat bagus, kandungan lemaknya sedikit sehingga sehat untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” ucapnya.

Luas areal kebun Jonggol keseluruhan sekitar  268 hektar, terdiri dari 168 hektar dikelola oleh Fapet IPB, 40 hektar dikelola oleh Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB. Kemudian, 60 hektar ada di dalam pengelolaan Departamen Agronomi dan Hortikultura Faperta IPB. (IPB/IK-SS)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *