Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Buka Dua Program Studi Baru
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Buka Dua Program Studi Baru

Edupost.id –  Institut Pertanian Bogor (IPB) membuka dua program studi (prodi) baru tahun 2016 yaitu S1 Aktuaria dan Teknologi Hasil Ternak. Kedua program tersebut sudah dibuka sejak Ujian Talenta Mandiri IPB (UTMI) dimulai pada 18 Juni lalu. Setiap prodi mampu menampung mahasiswa sebanyak 40 orang.

“Terdapat dua program studi baru yang ditawarkan yaitu Aktuaria dan Teknologi Hasil Ternak,” ujar Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti, kepada Edupost.id.

Yatri mengungkapkan, Program studi Aktuaria IPB merupakan program sarjana bidang ilmu aktuaria pertama di Indonesia. Program ini berada di bawah Departemen Matematika (FMIPA). Tujuan didirikannya untuk mengembangkan sistem unggul dalam pendidikan, penelitian, dan penerapan aktuaria. Mahasiswa lulusannya dipersiapkan menjadi aktuaris yang unggul.

Menurut Yatri, program studi baru lainnya yaitu Teknologi Hasil Ternak. Program ini merupakan akar keilmuan produksi peternakan yang ditopang produksi ternak dan teknologi hasil ternak. Perannya yaitu sebagai pengembangan keilmuan di Departemen IPTP.

Mahasiswa lulusan Teknologi Hasil Ternak, tutur Yatri, dapat bekerja diberbagai bidang. Seperti QualityAssurance Manager, Quality Controlier, Product Developer, Entrepreneur, Market and Consumer Analyst, Product Planner, Transport Manager, dan Food Inspector.

“Ya betul, kedua prodi itu baru dibuka. UTMI sendiri tahun ini 5823, naik 35% dibanding tahun lalu. Jumlah kursi yang diperebutkan sekitar 320 tersebar di berbagai program studi,” jelasnya.  (Nisa)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pengembangan Karir Pra Wisuda IPB

Edupost.ID- Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar “Studium Generale …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *