Selasa , 30 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Buka Kampus di Luar Bogor untuk D3 dan S1
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Buka Kampus di Luar Bogor untuk D3 dan S1

Edupost.id, Bogor – Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ini mulai membuka program studi di luar Bogor dengan nama Program Studi  di Luar Domisili (PDD) atau Pendidikan Multikampus. Kota Sukabumi mendapatkan kesempatan pertama merasakan PDD IPB ini. Rencananya pada tahun ini PPD IPB Sukabumi akan membuka tiga program studi sarjana (S1) dan vokasional (D3).

Program ini tercantum dalam izin penyelenggaraan program studi yang ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI.

“Kami berharap besar pada pendirian PDD IPB ini!,” seru  Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz, saat finalisasi feasibility dengan team PDD IPB beberapa waktu lalu di Kota Sukabumi.

Ia mengatakan PDD IPB ini bisa menjadi salah satu solusi dari lima masalah pertanian Indonesia menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Yaitu, ketersediaan penyuluh pertanian khususnya di wilayah Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat.

Selain memeratakan akses pendidikan tinggi berkualitas, PDD IPB diharapkan dapat meningkatkan Angka Pendidikan Kasar (APK) pendidikan tinggi Provinsi Jawa Barat. Dasar hukum yang digunakan adalah Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor : 20 tahun 2011 Tentang  Penyelenggaraan Program Studi Di Luar Domisili Perguruan Tinggi dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat  Nomor 25 tahun 2013 tentang  Rencana Pembangunan  Jangka Menengah Daerah Provinsi Jawa Barat (RPJMD)  Tahun 2013-2018.

Aceng Hidayat mengatakan, PDD IPB di Sukabumi adalah bukti bahwa IPB berusaha ingin dekat dengan rakyat dan bukan kampus menara gading. PPD IPB ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta  Kemenristekdikti RI dalam pendanaan serta infrastrukturnya. (IPB/ IK-SS)

Check Also

Forum Industri Pangan

Kemenristekdikti Gelar Forum Industri Pangan Menuju Kemandirian Pangan

Bogor – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI siap menjembatani terbangunnya konsep kolaborasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *