Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Dukung Tempe Jadi Warisan Budaya Dunia

IPB Dukung Tempe Jadi Warisan Budaya Dunia

BOGOR – Tempe sebagai makanan asli Indonesia mendapat dukungan penuh dari Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk diajukan sebagai warisan budaya dunia UNESCO.

“IPB dan banyak peneliti dari lembaga lain telah banyak melakukan penelitian tentang tempe. IPB sangat mendukung rencana pengajuan tempe ini,” ungkap Titik Sumarti, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB.

Tempe merupakan produk fermentasi kacang kedelai oleh kapang Rhizopus oligosporus. Tempe dibuat dengan proses yang unik, mulai dibuat sejak beberapa abad lalu oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Bukti sejarah menunjukkan bahwa tempe dengan bahan dasar kedelai merupakan produk fermentasi yang pertama kali dibuat oleh masyarakat Klaten, Jawa Tengah dan sudah biasa dikonsumsi sejak tahun 1700-an.

Titik menjelaskan, tempe banyak diproduksi industri kecil dan rumah tangga dengan kisaran produksi 10 kilogram – 2 ton per hari. Hingga saat ini terdapat lebih dari 100.000 produsen tempe yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Konsumsi tempe memberikan kontribusi minimal 10 persen dari total protein harian, sementara telur 1.25 persen, daging 3.15 persen dan sereal sekitar 60 persen.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012 menunjukkan bahwa konsumsi tempe masyarakat Indonesia secara rata-rata mencapai 7 kilogram/kapita/tahun.

Sementara itu, Ketua umum Pergizi Pangan Indonesia, Hardinsyah menyampaikan, tempe bukan sekadar makanan, tapi juga memiliki nilai budaya, sejarah, dan ekonomi bangsa. Karena keunikannya, tempe layak jadi bagian budaya Indonesia. (IPB/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *