Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Green Campus, Mahasiswa Keberatan Gunakan GT
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Green Campus, Mahasiswa Keberatan Gunakan GT

Edupost.ID, Bogor – IPB sedang berusaha menuju World Class University dengan menerapkan kebijakan Green Campus. Namun, tidak sedikit mahasiwa yang merasa keberatan dengan penggunaan Green Transportation (GT) atau angkutan ramah lingkungan. Meskipun biaya yang ditetapkan berkisar Rp. 1000 – Rp. 2000, mahasiswa belum mau menggunakan GT.

“Baru banget diimplementasikan terus juga masih banyak yang belum terima sama green campus ini karena mungkin udah terbiasa dengan peraturan lama. Belum terimanya dari segi transportasinya yang berbayar dan biayanya juga lumayan,” ujar Novi, mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) kepada Edupost.ID.

Pendapat serupa juga disampaikan mahasiswa FMIPA lainnya, Dwilaras  Athina. Menurutnya, kebijakan tersebut cukup memberatkan. Selain itu, jadwal bis dan mobil listrik sampai saat ini belum jelas. “Mahasiswa yang jadwal kuliahnya pindah-pindah dari satu gedung ke gedung lainnya kan bakal kesusahan, apalagi kalau jeda waktunya sedikit,” jelasnya.

Namun, Dwilaras menyadari bahwa kebijakan green campus merupakan upaya yang bagus. “Kalau IPB bisa terkenal di world university karena faktor green campus. Siapa coba yang gak mau? Seandainya beneran terwujud green campus yang gak memberatkan pihak manapun, peringkat IPB bukan lagi nomer tiga di Indonesia (bisa jadi nomer satu),” ungkapnya.

Putri Novia Fahmawati, mahasiswa FMIPA lainnya juga menilai penggunaan GT perlu adanya dukungan fasilitas yang mumpuni. Seperti perlu adanya kanopi untuk pejalan kaki dan menertibkan mobil yang melintas di dalam kampus.

“Untuk biaya sendiri, saya setuju jika memang bertujuan agar mengalihkan mahasiswa untuk jalan kaki atau bersepeda dengan biaya yang murah. Asalkan adanya transportasi anggaran biayanya tersebut,” tambahnya.  (Nisa)

Check Also

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman

Monica, Siswa MTs Yapi Sleman Jadi Pembicara di Forum WHO

Edupost.id – Seorang bocah perempuan bernama Monica beberapa hari ini mendadak viral di dunia maya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *