Senin , 21 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Menuju World Class University

IPB Menuju World Class University

Edupost.ID, Bogor – Pihak kampus IPB tengah menata kelas internasional dalam rangka menuju World Class University. Kelas internasional dari berbagai departemen akan mulai dibuka pada tahun 2016.

“Konten yang kami miliki sebenarnya sudah memadai. Sekarang hanya tinggal membuka kelas internasionalnya saja. Kelas internasional ini memungkinkan orang luar negeri untuk belajar di kampus kami,” ujar Yatri Indah Kusumastuti, Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB kepada Edupost.ID, (28/12).

Menurutnya, jumlah mahasiswa internasional di kampus IPB saat ini cukup relatif. Beberapa kelas di MIT terdapat mahasiswa internasional. Rencananya tahun depan pihak kampus akan mulai membuka kelas internasional. Namun, bagi departemen yang sudah siap, dipersilahkan untuk langsung menjalankan kelas internasional.

Pihak IPB akan mengundang sejumlah peneliti dari luar IPB untuk menjadi pengajar di kelas internasional. “Di bogor ini banyak lembaga penelitian dan banyak peneliti yang kompeten, pandai ngajar, pandai presentasi yang akan direkrut untuk menjadi dosen tidak tetap. Kami juga akan merekrut dosen dari luar negeri,” jelas Yatri.

Selama persiapan dalam menyiapkan kelas internasional ini tidak banyak hambatan yang dirasakan. Yatri menerangkan, konten yang diberikan tetap sama hanya saja penyampaiannya dalam bahasa inggris. Pengaturan kelas juga harus dipetimbangkan. Satu program studi harus memiliki dua ruangan kelas. Satu kelas untuk yang biasa dan satu kelas lainnya untuk kelas internasional.

“kelas internasional ini memang asik, banyak yang antusias. Tidak banyak yang harus dirubah. Meskipun kelasnya banyak, tapi kita selalu merasa kurang. Kami imbangi dengan penambahan kelas-kelas baru. Mudah-mudahan cepat terealisasi,” tambah Yatri. (Nisa)

Check Also

Asteroid Apophis Diperkirakan akan Tabrak Bumi

Edupost.id – Asteroid Apophis besar berukuran 400 meter berada dalam daftar benda-benda dekat Bumi yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *