Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Raih Dua Penghargaan Kekayaan Intelektual 2016
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Raih Dua Penghargaan Kekayaan Intelektual 2016

Edupost.id – Institut Pertanian Bogor (IPB) meraih dua dari delapan kategori Penghargaan Kekayaan Intelektual 2016 dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Kedua penghargaan itu adalah Sentra Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Terproduktif dan Kerjasama Peneliti Asing.

Penghargaan diberikan saat Malam Apresiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional XXI (HAKTEKNAS) di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta beberapa waktu lalu. Tropi diserahkan Menristekdikti, Mohamad Nasir kepada Direktur Riset dan Inovasi IPB, Iskandar Z. Siregar untuk kategori Sentra HKI Terproduktif dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB, Anas Miftah Fauzi untuk kategori Kerjasama Peneliti Asing.

Iskandar mengatakan IPB terpilih sebagai Sentra HKI Terproduktif, karena memiliki jumlah inovasi berpaten terbanyak. Inovasi ini tidak hanya berupa dokumen saja,  tetapi dapat dimanfaatkan secara sosial dan komersial. Sementara penghargaan untuk kategori Kerjasama Peneliti Asing diraih IPB karena sudah terbiasa mendaftarkan para peneliti asing kepada Kemenristekdikti untuk mendapatkan izin riset, agar tidak disebut sebagai peneliti ilegal.

“Penghargaan Kerjasama Peneliti Asing ini pertama kali diberikan Kemenristekdikti dan IPB lah penerima pertamanya. Dari sini terlihat bahwa IPB termasuk salah satu contoh pelaksana praktik kerjasama internasional yang baik dan cerdas. Selain mendaftarkan para peneliti asing, juga dibuatkan landasan hukumnya,” kata Iskandar.

Penilaian terhadap dua penghargaan tersebut dilakukan Tim Penilai terhadap data yang dikirimkan dari tahun 2010-2016.  “Kami sangat mengapresiasi atas capaian yang luar biasa ini, terutama para peneliti yang telah mendaftarkan patennya, juga atas dukungan sivitas akademika dan para pimpinan IPB. Semoga IPB tetap konsisten untuk mencari dan memberi yang terbaik,” ujar Iskandar. (IK-SS)

Check Also

Achmad Solihin, Peraih Student AwardSchweighofer Prize 2017

Achmad Solihin, Peraih Student AwardSchweighofer Prize 2017

Edupost.id – Achmad Solikhin, mahasiswa Fakuktas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) memenangkan Student AwardSchweighofer Prize 2017, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *