Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Raih Empat Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jabar 2016
Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Raih Empat Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jabar 2016

Edupost.id – Tahun ini sebanyak empat peneliti IPB  kembali menerima penghargaan Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jabar. Sebelumnya IPB telah meraih penghargaan serupa pada tahun 2014 dan 2015.

Para peneliti IPB itu adalah Hartrisari Hardjomidjojo (Departemen Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian/ Fateta IPB), Siti Nikmatin (Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/ FMIPA IPB),  Linawati Hardjito (Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan/ FPIK IPB) dan Luki Abdullah (Departemen Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan/ Fapet IPB).

Hartrisari Hardjomidjojo meraih penghargaan atas prakarsanya yang  berjudul “Sistem Penunjang Keputusan Spasial untuk Kebijakan Ketahanan Pangan di Provinsi Jawa Barat”. Sedangkan, Siti Nikmatin meraih penghargaan atas inovasinya yang berjudul “Implementasi Helm Ramah Lingkungan dari Jawa Barat untuk Indonesia dari Pengolahan Limbah TKKS di PTPN VIII Cikasungka dan Polimer Recycle di Cibinong”.

Sementara itu, Linawati Hardjito mendapatkan penghargaan atas inovasinya yang berjudul “Rumput Laut Coklat sebagai Bahan Pencerah Kulit dan Penyediaan Bahan Bakunya Melalui Pemberdayaan Masyarakat Cipatujah”. Kemudikan, Luki Abdullah meraih penghargaan atas inovasinya yang berjudul “Konsentrat Hijau Indigofera Sumber Protein Lokal Murah untuk Pakan Ternak dan Ikan, Solusi Masalah Pakan”.

Penyerahan penghargaan ini telah diberikan pada 19 Agustus lalu. Penilaian telah dilakukan sejak 23 Mei 2016 sampai 1 Juli 2016, dari enam inovator IPB yang diusulkan empat diantaranya berhasil mendapatkan penghargaan itu.

Sebelumnya, pada tahun 2014 tiga peneliti IPB meraih penghargaan Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jabar yakni Erliza Hambali, peneliti Pusat Penelitian Surfaktan dan Bioenergi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, Siti Nikmatin dan Made Astawan, peneliti Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian/Fateta IPB.

Erliza Hambali meraih penghargaan atas karya inovasinya berjudul “Teknologi Surfaktan dari Minyak Sawit untuk Aplikasi Enhanced Oil Recovery dalam Rangka Peningkatan Ketersediaan Energi”. Siti Nikmatin meraih penghargaan atas karya inovasinya berjudul “Strategi Peningkatan Ekonomi Industri Rotan di Cirebon melalui Inovasi Serat Rotan sebagai Produksi Filler Komposit”.  Made Astawan meraih penghargaan atas karya prakarsanya berjudul “Pendirian Rumah Tempe Indonesia di Bogor sebagai Pusat Percontohan Produksi Tempe Higienis Nasional”.

Sedangkan pada tahun 2015, Suharsono, peneliti Departemen Biologi, FMIPA IPB mendapatkan penghargaan tersebut atas inovasinya berjudul “Kentang Kultivar Jala Ipam sebagai Bahan Baku Industri Kentang Goreng Pertama di Indonesia”. (IK-SS)

Check Also

Achmad Solihin, Peraih Student AwardSchweighofer Prize 2017

Achmad Solihin, Peraih Student AwardSchweighofer Prize 2017

Edupost.id – Achmad Solikhin, mahasiswa Fakuktas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) memenangkan Student AwardSchweighofer Prize 2017, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *