Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Sabet Tiga Medali Olimpiade Sains Nasional
IPB Sabet Tiga Medali Olimpiade Sains Nasional
IPB Sabet Tiga Medali Olimpiade Sains Nasional

IPB Sabet Tiga Medali Olimpiade Sains Nasional

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil meraih tiga medali dalam ajang Olimpiade Sains Mahasiswa tingkat Nasional (OSN) yang digelar Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Daerah Istimewa Yogyakarta (Dikpora-DIY) pada (27-29/9) di Universitas Mercubuana, Yogyakarta.  Kegiatan ini merupakan kompetisi sains nasional yang mempertandingkan empat bidang perlombaan yaitu matematika, kimia, fisika dan biologi. Kegiatan ini diikuti  200 mahasiswa dari 26 perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan menyediakan wadah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains serta memotivasi mahasiswa, agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritualnya.

Pada ajang OSN ini IPB mengirimkan 12 delegasi dari empat bidang. Mereka adalah  Efendi, Muhammad Ahyad dan Lulu untuk bidang fisika, Rian Kurnia, Abdullah Gifari dan Slamet Nuridin untuk bidang matematika, Jihan Malik, Yuliani dan Aida untuk bidang kimia serta Wenang, Ismail Saleh dan S. Aji untuk bidang biologi. Kontingen ini didampingi Dosen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB, Dr. Windra Priawandiputra.

Satu  medali emas dipersembahkan  M. Ahyad dari bidang fisika. Satu medali perak dipersembahkan  Rian Kurnia di bidang matematika dan satu medali perunggu disumbangkan S. Aji di bidang biologi. “Keberhasilan tersebut merupakan hasil usaha dan kerja keras mahasiswa dan dukungan dosen pembina, fakultas, serta universitas. Selain berlomba para delegasi juga diajak berkeliling beberapa objek wisata di Yogyakarta,” kata Dr. Windra.

Efendi merasa senang mengikuti ajang OSN  ini, selain dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari selama di bangku perkuliahan, ia juga mendapat  pengalaman luar biasa di sana dan menambah teman baru dari universitas lain.

“Berharap FMIPA IPB terus meningkatkan persiapan mahasiswa yang berpotensi untuk mengikuti berbagai kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk OSN dengan berbagai pembinaan dan pelatihan diberikan secara intensif,” tandasnya. (reza)

Check Also

ITS Borong Dua Gelar Juara di Ajang NUDC 2017

ITS Borong Dua Gelar Juara di Ajang NUDC 2017

Edupost.id – ITS mendapat dua gelar juara dalam kompetisi debat Bahasa Inggris, National University Debating …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *