Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Teliti Efek Qur’an terhadap Produksi Susu Sapi

IPB Teliti Efek Qur’an terhadap Produksi Susu Sapi

BOGOR – Mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Ghulam Halim Furqoni meneliti pengaruh produksi susu sapi dengan perlakuan mendengarkan murottal Al-Quran. Penelitian yang dilakukan ini dilatarbelakangi oleh penelitian sebelumnya yang meneliti tentang pengaruh musik klasik terhadap produksi susu sapi perah.

Pada awalnya, Ghulam hanya meneliti pengaruh musik klasik 24 jam terhadap produktivitas susu sapi perah. Musik klasik mozart telah banyak digunakan di dunia peternakan untuk meningkatkan produktivitas ternak. Namun akhirnya, Ghulam menambahkan perlakuan selain musik klasik dalam penelitiannya yaitu memperdengarkan murottal Qur’an.

Ghulam mempelajari bahwa ada banyak penelitian yang dilakukan menggunakan perlakuan murottal Al-Quran terhadap manusia yang sedang sakit, ibu hamil, dan lainnya yang mayoritas pengambilan datanya dilakukan di rumah sakit. Hasilnya membuktikan, murottal Al-Quran memiliki efek ketenangan (relaksasi) dan menimbulkan kenyamanan psikologis.

Ia menuturkan, atas dasar hal tersebut, tanpa berniat sedikitpun membawa sensitifitas agama, ia menambahkan murottal Al-Quran sebagai perlakuan dalam penelitiannya. Ia mengangkat judul “Produksi Susu Sapi Perah yang Mendengarkan Musik Klasik dan Murottal Al Quran Selama 24 Jam”.

Ghulam berharap, hasil penelitiannya bermanfaat dan mudah diaplikasikan peternak-peternak di Indonesia. Dengan demikian, produktivitas susu sapi perah dalam negeri bisa bertambah. (IPB/IK-SS)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *