Selasa , 28 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / IPB Terapkan GT, Mahasiswa Keberatan Pakai Tap Cash
Mahasiswa IPB keberatan dengan Tap Cash
Mahasiswa IPB keberatan dengan Tap Cash

IPB Terapkan GT, Mahasiswa Keberatan Pakai Tap Cash

Edupost.id, Bogor – Penerapan Green Campus di IPB sejak awal Maret lalu menuai kritik khususnya dari berbagai kalangan. Setelah kali ke dua sempat terjadi aksi penolakan dari warga dan mahasiswa beberapa waktu lalu, kini spanduk penolakan Green Transportation (GT) atau angkutan ramah lingkungan masih menjamur. Pasalnya, mahasiswa merasa diberatkan dengan penggunaan Tap Cash atau karcis berbayar untuk menggunakan bis, mobil listrik, dan membayar parkir.

“Kalau mau pake bis atau mobil listrik mesti bayar. Kalau tiap hari bayar ya lumayan juga,” ujar mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dwilaras Athina kepada Edupost.id.

Sementara, penggunaan bis dan mobil listrik dikenakan biaya Rp. 1.000 – Rp. 2.000. Menurutnya, sebagai pengganti bis dan mobil listrik yang berbayar, IPB menyediakan sepeda gratis. Namun, sistem penyewaan sepeda cukup menyulitkan.

“Penyewaannya lumayan ribet. Setahu aku pinjem sepeda mesti ngisi form dan ninggalin kartu identitas. Terus ga sedikit juga sepeda yang rusak. Akhirnya ga memenuhi kuota mahasiswa.belum tahu deh sekarng masih mesti isi formulir juga apa udah tap cah juga. Tap cah untuk bayar bis, mobil listik, dan parkir,” jelasnya.

Putri Novia Fahmawati, mahasiswa FMIPA lainnya sependapat bahwa sistem peminjaman sepedah kurang efektif. Sementara belum ada jadwal bus dan mobil listrik yang pasti. Ia mngungkapkan bahwa parkiran motro di kampus IPB juga masih belum memadai.

Mahasiswa FMIPA lainnya, Novi memberikan pedapat yang senada. Menurutnya, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan bis dan mobil listrik belum dapat diterima mahasiswa. “Belum terimanya dari segi transportasinya yang berbayar kana da biayanya juga lumayan,” tambahnya. (Nisa)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *