Minggu , 18 Februari 2018
Home / Kabar Kampus / ITB Borong Lima Gelar Juara di Kompetisi Internasional I-CAPS
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB Borong Lima Gelar Juara di Kompetisi Internasional I-CAPS

Edupost.id – Mahasiswa ITB kembali membuktikan kemampuannya di kancah internasional. Mereka berhasil memborong lima nominasi juara sekaligus dalam kompetisi I-CAPS (International Student Joint Capstone Design Project).

I-CAPS sendiri adalah program kerja sama beberapa universitas yakni ITB, Universitas Kebangsaan Malaysia, Nanyang Technological University, Tianjin University, dan National Cheng Kung University dengan Innovation Hub Center for Engineering Education (IHCEE) Chonbuk National University, yang merupakan konsorsium beranggotakan 13 universitas di Korea Selatan.

Di dalam rangkaian I-CAPS, terdapat juga sub kompetisi yakni d-Camp (International Students Design Camp), yang dilaksanakan di Bandung pada bulan Februari silam. Setiap satu kali program I-CAPS, terdapat dua d-CAMP yang pelaksanaannya di Indonesia-Korea atau Malaysia-Korea. Selain sebagai wadah penyampaian proposal awal untuk I-CAPS 2017, dalam kurun waktu yang relatif singkat peserta diharapkan mampu bekerjasama dalam mencari ide, perancangan, dan pembuatan prototipe sesuai dengan tema dan topik yang diberikan.

Sistem pengerjaan kelompok dilakukan secara jarak jauh terhitung dari bulan Februari hingga Agustus. Kolaborasi jarak jauh merupakan tantangan tersendiri karena selain berasal dari berbagai disiplin ilmu rekayasa dan desain, komposisi anggota tiap kelompok terdiri atas mahasiswa yang berasal dari dua negara berbeda. Misalnya ada satu kelompok beranggotakan lima hingga tujuh mahasiswa dari Korea dan Indonesia, kelompok lainnya adalah mahasiswa dari Korea dan Singapura, dan seterusnya dengan kombinasi per kelompok pasti diisi mahasiswa dari Korea.

Setelah kurang lebih lima bulan proses perancangan dan pembuatan alat, peserta mempresentasikan hasil timnya pada bulan Agustus lalu di Korea Selatan. Dari total 20 tim yang ikut berkompetisi, 23 mahasiswa ITB tersebar di delapan tim. Lima dari delapan tim tersebut meraih juara, dengan grand prize dan silver masing-masing satu tim dan bronze tiga tim.

Empat kelompok peraih penghargaan Grand Prize, Gold, dan Silver selanjutnya akan diundang ke E2Festa (Engineering Education Fiesta-Capstone Design Fair). E2Festa yang rencananya akan diselenggarakan November mendatang di Gwangju, Korea Selatan. (ITB/ IK-SS)

Check Also

Uniknya Atap Rumah Berbahan Pelepah Pisang Inovasi ITB

Uniknya Atap Rumah Berbahan Pelepah Pisang Inovasi ITB

Edupost.id – Umumnya plafon rumah menggunakan bahan papan gypsum atau triplek. Namun, mahasiswa Institut Teknologi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *