Senin , 24 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / ITB Dinobatkan Dikti sebagai Kampus Terbaik se-Indonesia

ITB Dinobatkan Dikti sebagai Kampus Terbaik se-Indonesia

BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memperoleh posisi sebagai universitas terbaik se-Indonesia versi Kemenristek Dikti. ITB meraih nilai terbaik yakni 3,743 (skala 4) dari sekitar 130 perguruan tinggi negeri dan 4000 perguruan tinggi swasta.

Daftar pemeringkata perguruan tinggi di Indonesia ini dikeluarkan oleh Direktorat Kelembagaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) pada Senin lalu (17/8).

Wakil Raktor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan (WRRIM), Bambang Riyanto Trilaksono, mengungkapkan, kriteria yang digunakan dalam penilaian ini, meliputi kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen, kualitas penelitian dan publikasi ilmiah, serta kualitas kegiatan mahasiswa. Bambang menambahkan, ITB unggul dalam aspek riset (penelitian) dan publikasi ilmiah. Hal ini dilihat dari database indeks publikasi Scopus dan jumlah citasi publikasi ilmiah.

Walaupun ITB dinobatkan sebagai kampus nomer satu di Indonesia, lanjutnya,  namun ITB masih perlu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pada aspek-aspek yang dirasa kurang memuaskan. Misalnya untuk kualitas sumber daya manusia.

Bambang menuturkan, kedepannya ITB akan meningkatkan jumlah dosen lulusan S3 walaupun di ITB jumlah dosen yang telah menempuh jenjang S3 bahkan telah memperoleh gelar Guru Besar sudah cukup banyak, namun hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

Selain itu, tambahnya, perlu juga diadakan training untuk karyawan dan karyawati ITB demi terciptanya pelayanan dan manajemen pendidikan yang berkualitas. Untuk aspek manajemen, ITB akan terus memperbaiki tata kelolanya dan dari aspek prestasi mahasiswa dalam kancah Internasional sudah cukup memuaskan namum untuk tingkat nasional partisipasi mahasiswa ITB masih perlu ditingkatkan.

Hal yang tidak kalah penting adalah, ujar Bambang, ITB saat ini sedang berusaha untuk meng-upgrade fasilitas-fasilitas di laboratorium untuk kepentingan riset dan pengajaran. “Kita juga sedang berusaha agar riset-riset yang telah atau akan dilakukan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan industri” terangnya. (ITB/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *