Jumat , 24 November 2017
Home / Kabar Kampus / ITB Gelar Indonesia Cyberkids Camp 2016
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB Gelar Indonesia Cyberkids Camp 2016

Edupost.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menggelar Indonesia Cyberkids Camp (ICC) 2016 di Gedung Cyber Security Center (CSC) ITB Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada Juli mendatang. Acara ini bertujuan untuk menanamkan kepada anak-anak pentingnya belajar berkreasi dan memaksimalkan manfaat teknologi, terutama komputer.

ICC 2016 berfokus untuk mengumpulkan anak-anak bertalenta dan memiliki kecintaan terhadap pemrograman dari seluruh Indonesia.

Peserta ICC 2016 adalah anak usia SD yang duduk di kelas 4 sampai 6. Anak-anak diminta untuk membuat karya dengan Scratch 1.4 Programming software for kids yang kemudian direkam dan diunggah ke Youtube. Sebanyak 80 peserta dengan like dan favorite terbanyak akan maju ke tahap selanjutnya yang diumumkan pada Minggu (17/06/16). Mereka akan mengikuti ujian daring dalam babak semifinal yang diadakan sepekan setelahnya.

Delapan peserta terbaik akan diundang ke Cyber Security Center (CSC) ITB kampus Jatinangor untuk membuat karya secara instan dan dinilai oleh dewan juri. “Ujian final kompetisi akan dilakukan pada tanggal 28 Juli 2016 untuk menyaring dua orang terbaik,” ungkap Ketua Umum ICC 2016 sekaligus Direktur Eksekutif CSC, Yusep Rosmansyah.

Menurut Direktur PT Global Teknologi Teraindo, Abrisam ada tujuan lain dibalik penyelenggaraan ICC 2016. Menurutnya, ajang semacam ini adalah salah satu cara untuk mencetak para entrepreneur cilik. “Di Indonesia hanya ada sekitar 5 persen anak yang sudah dan bisa membuat aplikasi,” ucapnya.

Abrisam menyampaikan bahwa ketika anak-anak sudah bisa menggunakan IT, otak mereka secara otomatis akan memicu kemampuan logika berpikir yang baik. Dengan begitu, anak-anak bisa menimbang hal-hal yang efektif dan efisien.

Pihaknya berharap pada tahun ini, Indonesia bisa meraih juara pertama dalam ASEAN Cyberkids Camp 2016. Tahun sebelumnya, Indonesia meraih juara kedua dengan selisih yang sangat tipis dengan Filipina yang menempati juara pertama. (ITB/IK-SS)

 

Check Also

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Bahas Rambutan, Mahasiswa ITB Juarai IEPC 2017

Edupost.id – Mahasiswa ITB, Naomi Febrina Silaban dan Juang Arwafa Cita yang tergabung dalam tim …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *