Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / ITB Sosialisasi Pendidikan Bencana Gempa ke Siswa SD

ITB Sosialisasi Pendidikan Bencana Gempa ke Siswa SD

BANDUNG – Bandung memiliki patahan aktif dengan pergerakan berkisar 2-4 mm pertahun yang dikenal dengan Sesar Lembang. Sesar ini berpotensi memicu gempa hingga 6,5-7,0 SR. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang yang erat dengan kegempaan, Society of Exploration Geophysicists ITB Student Chapter (SEG ITB SC) melalui salah satu divisinya yaitu Social Service memberikan sosialisasi tentang mitigasi bencana gempa kepada siswa sekolah dasar.

Target sekolah pertama yang mereka datangi yaitu SDN 4 dan 5 Coblong, Jawa Barat. Sosialisasi kepada siswa sekolah dasar ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana gempa sejak dini. Selain memperkenalkan tentang Sesar Lembang kepada siswa kelas 5 dan 6,  juga mengedukasi mereka terkait langkah-langkah mitigasi bencana gempa.

Panitia menyampaikan materi dengan presentasi yang menarik mempergunakan alat peraga berupa jelly yang diibaratkan sebagai blok Sesar Lembang. Siswa-siswa juga dipandu untuk melakukan simulasi penyelamatan diri ketika terjadi gempa bumi melalui beberapa langkah, yaitu merunduk, berlindung di bawah meja, lalu keluar kelas dengan tertib menuju lapangan sekolah.

Sesi acara diakhiri dengan permainan-permainan yang berhubungan dengan materi mitigasi bencana gempa bumi.

Usai acara, SEG ITB SC memberikan poster mengenai materi dan mitigasi bencana untuk ditempel di mading sekolah. Rencananya, panitia akan mengadakan kegiatan serupa untuk adik-adik di SDN Pancasila, yaitu sekolah dasar yang berlokasi di Kecamatan Lembang. (ITB/IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *