Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / ITS Berencana Bangun Technopark Sebagai Pusat Riset

ITS Berencana Bangun Technopark Sebagai Pusat Riset

SURABAYA – ITS berencana membangun Science and Technology Park (technopark) sebagai pusat riset dan edukasi. Rencana tersebut dipaparkan ITS kepada Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir saat kunjungannya ke ITS beberapa waktu lalu.

Terdapat empat rencana kebutuhan Technopark yang dipaparkan Raja Olan Saut Gurning. ”Keempat rencana tersebut meliputi sektor maritim, teknologi informasi & komunikasi, otomotif, dan industri kreatif,” papar Saut sebagai Kepala Badan Inovasi dan bisnis Ventura (BIBV).

Dalam kesempatan itu, Saut juga menjelaskan, berbagai inovasi ITS yang telah masuk ke tahapan hilirisasi. Pada bidang maritim, lanjutnya, beberapa inovasi tersebut meliputi produk desain, komponen kapal, produk kontainer kecil, rancang bangun sistem perpipaan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan di bidang energi dan otomotif, ia menambahkan, inovasi yang telah digapai ITS meliputi bus listrik, motor listrik, komponen mobil, hingga produk electricy car.

”Meski kami tidak memiliki prodi bidang pariwisata, namun di industri kreatif kami membantu mendesain pulau dengan modifikasi yang disiapkan sebagai objek wisata,” ujarnya.

Dalam presentasinya, Saut menyampaikan harapan agar Kemenristek turut mendukung upaya realisasi Technopark ini. Terkait hal tersebut, Nasir menanggapi Technopark bisa menjadi cara hilirisasi dan komersialisasi hasil penelitian.

”Penelitian semestinya tidak hanya menjadi pajangan. Bidang sains dalam Technopark dapat menjadi arena edukasi masyarakat, sedangkan pada bidang teknologi dapat menjadi ajang komersialisasi inovasi. Perguruan tinggi harus memiliki silicon-valley, dimana ia bisa membuat lahan produk inovasi yang bisa dimanfaatkan oleh dunia usaha,” paparnya.

Sementara itu, Adi Soeprijanto, Direktur Program Pascasarjana ITS menyampaikan usulannya. Ia berharap,beasiswa freshgraduate ditingkatkan lagi mengingat  mahasiswa pascasarjana merupakan tentara penelitian yang dapat menghasilkan banyak publikasi. (ITS/IK-SS)

Check Also

fahimudin kholida man 3 bantul

Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Emas World Mathematics Invitational 2017

Edupost.ID – Dua siswa MAN 3 Bantul kembali berprestasi di kancah nasional setelah berhasil meraih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *