Rabu , 20 September 2017
Home / Kabar Kampus / ITS kembali Raih Gelar Juara di Shell Eco Marathon Asia 2015

ITS kembali Raih Gelar Juara di Shell Eco Marathon Asia 2015

JAKARTA- Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang tergabung dalam Tim Sapu Angin (SA) kembali meraih gelar juara pada kompetisi merancang kendaraan yang hemat bahan bakar, Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2015 di Manila, Filipina.

Kompetisi yang dilaksanakan sejak 26 Februari hingga 1 Maret 2015 itu Tim SA ITS menjadi satu-satunya tim dari kampus Indonesia yang berhasil meraih juara pertama dari 29 tim yang ikut bertanding.

Tim SA ITS tampil sebagai juara di kategori urban concept diesel, disusul Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang menempati posisi II dan III di kategori yang sama.

“Alhamdulillah, empat kali berturut-turut kategori urban concept diesel ITS juara pertama,” ucap Ketua Jurusan Teknik Mesin ITS, Ir Bambang Pramujati, seperti dikutip dari laman resmi ITS, Rabu (4/3).

Tahun ini ITS mengirim dua tim yang masing-masing bertanding pada kategori prototipe dan urban concept. Namun, untuk kategori prototype, ITS hanya mampu meraih posisi keempat di bawah tim dari Jepang, Thailand, dan Arab Saudi dengan perolehan laju 151 kilometer per liter.

Sementara, pada kategori urban concept diesel, ITS unggul dengan rekor baru 153 km per liter melebihi rekor yang diperoleh pada tahun lalu. Hal ini yang akhirnya menjadikan ITS tampil sebagai juara I SEM 2015 kategori urban concept diesel.

“Perolehan ITS di ajang SEM ini bukan yang pertama kali. Sebab sejak 2012, ITS telah rutin menjadi juara I di kategori serupa di ajang yang sama. Namun dengan rekor yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Ia menambahkan, ke depan Tim SA ITSakan terus berbenah di segala bidang. Setelah SEM 2015, mereka harus bersiap-siap lagi untuk ajang Student Formula Japan 2015 yang akan digelar pada September 2015 di Prefektur Shizuoka, Jepang.

SEM merupakan kompetisi dalam merancang dan membangun kendaraan dengan efisiensi maksimal bahan bakar. Tahun ini Manila yang merupakan ibu kota negara Filipina ditunjuk sebagai tuan rumah. Kompetisi ini sedikitnya diikuti oleh 17 negara di seluruh Asia dengan total 129 tim yang bertanding.

Check Also

Universitas Pertamina

Universitas Pertamina Tumbuhkan Pemahaman Teknologi Siswa SMA

Edupost.id – Pesatnya perkembangan teknologi informasi di masyarakat saat ini, Universitas Pertamina melalui slogannya, “Be …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *