Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / ITS Launching Gerakan Shalat Subuh Berjamaah

ITS Launching Gerakan Shalat Subuh Berjamaah

Surabaya – Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) ITS mengadakan launching  Gerakan ITS Cinta Subuh, Sabtu (29/8). Para mahasiswa, dosen dan  karyawan ITS mengikuti program positif ini. Untuk mensukseskan program ini, pihak kampus menyediakan bus yang siap mengangkut mahasiswanya dari asrama dan tempat tinggalnya menuju lokasi masjid agar tidak terlambat shalat subuh berjamaah.

Sejak pukul 03.00 hingga 04.15, dua bus ITS telah siap menunggu mahasiwa untuk berangkat ke masjid. Bus pertama bertugas mengangkut mahasiswa dari asrama ITS ke MMI. Sedangkan bus lainnya membantu mobilisasi mahasiswa di jalur perumahan dosen ITS blok U- blok T-MMI.

Penyediaan bus ini diadakan untuk mempercepat pergerakan mahasiswa ITS yang akan mengikuti shalat subuh berjamaah. Karena mahasiswa baru diminta untuk meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor, “Sehingga banyak mahasiswa yang akhirnya berjalan kaki,” ujar Agus Purnomo, Bendahara Umum JMMI ITS.

Karena shalat Shubuh memang memiliki rentang waktu yang sangat pendek, jika berjalan kaki, ditakutkan banyak mahasiswa yang akan terlambat. “Untuk itulah JMMI dan Sarana Prasarana ITS bekerjasama menghadirkan bus ITS ini,” ujar Agus, seperti dilansir laman ITS.

Pihak JMMI juga menyediakan sarapan gratis untuk jamaah shalat shubuh. Sebanyak 4650 sarapan dibagikan untuk jamaah. Pihak JMMI pun harus menambah jatah sarapan sebanyak 200 bungkus untuk memenuhi kebutuhan para jamaah. “Karena jamaah bukan hanya mahasiswa saja, namun juga karyawan, dosen dan masyarakat sekitar,” ucapnya.

Rektor ITS, Joni Hermana juga menunjukkan dukungan untuk kegiatan ini. Joni meminjamkan kunci rumah dinasnya di ITS untuk menjadi tempat menginap mahasiswa yang rumahnya jauh. “Tidak ada alasan bagi mahasiswa untuk tidak mengikuti kegiatan ini,” tuturnya.

Menurut Joni, mahasiswa ITS jangan hanya berkuliah demi mendapat ijazah dan pekerjaan saja. “Kematangan religius juga harus dipupuk sejak dini,” ucapnya. (IK-SS)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *