Selasa , 17 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / ITS Memborong Tiga Gelar Juara di Kompetisi Chem-E-Car

ITS Memborong Tiga Gelar Juara di Kompetisi Chem-E-Car

SURABAYA – Mobil kimia Spectronics X Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur berhasil meraih juara pertama di ajang Indonesia Chem-E-Car Competition. Kompetisi mobil berbahan bakar reaksi kimia ini diikuti 19 tim dari tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Polandia.

Tim ITS ini beranggotakan beranggotakan Ridya Nur Addien, Siti Chasanah, M Agung Ilmi, Ratri Puspita Wardani dan Putu Adi Rama Wijaya.

Selain menjadi juara pertama, tim ITS juga meraih gelar “Best Presentation” serta “Best Concept”, sedangkan Tim Vermi Energizer 9.0 dari UTP Malaysia meraih juara kedua dan “Best Eco Car”, lalu juara ketiga diraih Tim Cryonic dari Universitas Brawijaya (UB) Malang. Sementara, tahun lalu kompetisi Chem-e-car dimenangkan tim dari Universitas Mara Malaysia.

Ketua Tim Spectronics X, Moh Irwan Fatkhur Rozy menyampaikan bahwa mobil ITS menggunakan gas hidrogen peroksida dan FeCl3. Karena itu, energi yang dihasilkan juga lebih besar dibanding jika menggunakan listrik.

Peserta lain, lanjutnya, cenderung menggunakan listrik. Padahal, menurutnya, dengan konsep terbaru ini, mobil  Spectronics lebih akurat dalam racing. “Tim lain tidak ada yang menggunakan piston,” kata mahasiswa Jurusan Teknik Kimia 2012 ini.

Sementara itu, Presiden Chernival 2015, Nadhira Titisari menyampaikan, persentase penilaian pemenang yakni 70 persen dari racing dan 30 persen dari presentasi poster. Finalis terbaik lanjut Nadhira, adalah finalis yang karyanya mampu memenuhi jarak tempuh seakurat mungkin.

Tahun ini, 19 tim wakil dari tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Polandia siap untuk bertanding. Ke-19 tim itu terdiri dari 16 tim asal Indonesia, dua tim asal Malaysia, dan satu tim asal Polandia. (ITS/IL-SS)

Check Also

SMA Muha buat Aplikasi Perpustakaan

SMA Muha Luncurkan Aplikasi Perpustakaan mLibsys

Edupost.ID – SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta telah meluncurkan aplikasi perpustakaan berbasis Android Mobile Library …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *