Rabu , 26 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / ITS Raih Nilai Saintek Terbaik di SBMPTN 2016
Institut Teknologi Surabaya (ITS)
Institut Teknologi Surabaya (ITS)

ITS Raih Nilai Saintek Terbaik di SBMPTN 2016

Edupost.id – ITS menduduki peringkat teratas dalam perolehan nilai saintek di Jawa Timur dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Hal ini berdasarkan hasil rapat SBMPTN yang digelar di jakarta beberapa waktu lalu.

“Nilai tersebut diperoleh dari peserta SBMPTN dari Jawa Timur yang mendaftar ke jurusan Teknik Mesin ITS dengan perolehan nilai 830 dari total nilai 1000,” ungkap Heru Seryawan, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS.

Sedangkan untuk tingkat nasional, ITS berhasil meraih peringkat keempat nasional untuk rataan nilai SBMPTN 2016. “Total calon pendaftar SBMPTN ke ITS sebesar 28.000 orang, sedangkan yang diterima sebanyak 1148 orang,” lanjut Heru. Hal tersebut membuktikan bahwa ketetatan seleksi SBMPTN di ITS semakin meningkat, yaitu 1:27.

Mengenai bidang prodi yang memiliki ketetatan seleksi tertinggi diperoleh oleh Jurusan Teknik Biomedik dengan perbandingan 1:43. “Sebanyak 826 pendaftar di SBMPTN jurusan Teknik Biomedik, hanya 2,3 persen saja yang lolos,” ungkap Heru.

Sementara itu, Rektor ITS, Joni Hermana menilai, ketetatan di jurusan Teknik Biomedik berbeda dari tahun sebelumnya mengingat jurusan ini merupakan jurusan yang baru berdiri di ITS. “Mungkin hal tersebut dikarenakan mata kuliah di jurusan Teknik Biomedik menarik,” terangnya.

Sedangkan bidang prodi dengan ketetatan tertinggi kedua diraih Jurusan Teknik Informatika. “Sebanyak 2079 pendaftar SBMPTN jurusan Teknik Informatika, hanya 2,74 persen yang lolos dan dengan perbandingan ketetatan 1:38,” ucapnya.

Bagi peserta yang lolos jalur SBMPTN 2016, Joni mengingatkan, untuk melakukan pengisian data secara online pada website sipmaba.its.ac.id mulai 29 Juni hingga 9 Juli 2016. Sedangkan untuk verifikasi dan daftar ulang dilaksanakan pada 13-16 Juli 2016. (ITS/ IK-SS)

Check Also

Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS

Ifud Pertahankan Gelar Mawapres Nasional Diploma ITS

Edupost.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mempertahankan predikat juara pertama Mahasiswa Beprestasi (Mawapres) Program …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *