Minggu , 23 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Jadi Delegasi di Bulgaria, Mahasiswa Unair Raih Perunggu
Jadi Delegasi di Bulgaria, Mahasiswa Unair Raih Perunggu
Jadi Delegasi di Bulgaria, Mahasiswa Unair Raih Perunggu

Jadi Delegasi di Bulgaria, Mahasiswa Unair Raih Perunggu

Edupost.id – Mahasiswa program studi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR), Jefferson Caesario telah mengukir prestasi di kancah internasional. Ia menjadi delegasi di ajang International Mathematics Competition (IMC) di Bulgaria dan membawa pulang medali perunggu.

Indonesia mengirim sembilan mahasiswa dalam kompetisi itu. Mereka dipilih melalui seleksi ON-MIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan IPA) dan OSN (Olimpiade Sains Nasional) Pertamina.

Jefferson mengungkapkan, pembinaan peserta untuk mengikuti kompetisis IMC dilakukan oleh Kemenristek Dikti melalui dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada 21 – 28 Juni lalu dan tahap kedua pada 21 – 23 Juli. Kedua tahap pembinaan tersebut meliputi bidang analisis real, analisis complex, aljabar, kombinatorika, dan teori bilangan.

Dalam masa pembinaan, para delegasi dilatih oleh dosen-dosen pelatih olimpiade dari Perguruan Tinggi di Indonesia dan berlangsung mulai pukul 7 pagi hingga pukul 10 malam setiap harinya. Mereka juga dilatih menyelesaikan beragam soal matematika seputar materi yang telah diajarkan dan melakukan diskusi dari soal-soal yang telah dikerjakan.

Persiapan Jefferson dalam mengikuti IMC bahkan tidak terbilang mulus. Jadwal pembinaan yang berbenturan dengan ujian akhir semester membuat Jefferson kesulitan fokus pada kedua hal tersebut. Namun dukungan yang luar biasa dari kedua orang tua yang memotivasinya untuk tidak terbebani dengan hasil lomba, membuat Jefferson fokus memberikan usaha terbaiknya.

Ia berharap, semoga prestasinya bisa menjadi motivasi bagi mahasiwa UNAIR lainnya, agar lebih bersemangat dalam mengharumkan nama almamater di ajang nasional dan internasional. (Unair/IK-SS)

Check Also

Mahasiswa Unair Bantu Pasien Gagal Ginjal dengan Serbuk Ajaib

Edupost.id – Penanganan pasien gagal ginjal dengan melakukan cuci darah (hemodialisis) membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal itulah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *