Rabu , 7 Desember 2016
Home / Kabar Kampus / Jadi Tuan Rumah MTQMN 2015, UI Libatkan 105 Dewan Hakim dan Panitera

Jadi Tuan Rumah MTQMN 2015, UI Libatkan 105 Dewan Hakim dan Panitera

Depok – Universitas Indonesia (UI) terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV yang akan berlangsung pada 1 – 8 Agustus 2015 di kampus UI Depok. Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama UI dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI ini, mengusung tema “Membentuk Mahasiswa yang beriman, bertakwa dan Berakhlaqulkarimah Menyongsong Indonesia Emas”.

Sebanyak 1.863 mahasiswa dari 167 Perguruan Tinggi di Indonesia akan berpartisipasi dalam lomba MTQMN XIV.  UI berpartisipasi pada seluruh musabaqah yang dilombakan dengan jumlah peserta lomba sebanyak 29 mahasiswa.

Sejumlah Perguruan Tinggi yang berpartisipasi diantaranya UI, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, Universitas Negeri Papua, Universitas Bina Nusantara, dan lainnya. Terdapat 13 jenis musabaqah yang akan dilombakan tahun ini, antara lain Debat pengetahuan Alquran dalam bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah tartilil Quran, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz serta Musabaqah Khaththil Quran.

Adapun cabang lomba yang tergolong baru diperlombakan adalah lomba desain aplikasi Alquran berbasis komputer.  MTQMN XIV UI akan melibatkan 105 anggota dewan hakim dan panitera yang kapasitas dan kapabilitasnya telah teruji. MTQMN XIV terbuka bagi mahasiswa aktif program Diploma atau Strata 1 atau Strata 2 dengan usia maksimum 24 tahun dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, umum maupun yang berlatar belakang agama Islam.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQMN XIV yang juga Direktur Kemahasiswaan UI, Dr. Arman Nefi, SH, MM, dalam Konferensi Pers pada hari ini (27/9) di kampus UI Depok menuturkan UI akan berupaya membangun suasana ukhuwah Islamiyah dalam penyelenggaraan MTQMN XIV. Menurutnya, terdapat sejumlah perbedaan dalam MTQMN XIV dibandingkan dengan MTQMN sebelumnya, seperti nuansa kehadiran perwakilan duta besar negara-negara sahabat, terutama negara berpenduduk mayoritas Muslim yang akan menampilkan berbagai pagelaran seni dan budaya khas masing-masing negara. Lebih lanjut, Arman memperkirakan MTQMN XIV ini akan menjadi MTQMN terbesar dari MTQMN sebelumnya, baik dari jumlah peserta, perguruan tinggi maupun bidang lomba.

UI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan acara ini sebagai salah satu upaya terjalinnya ukhuwah islamiyah dengan para mahasiswa se-Indonesia serta pembinaan mental dan spiritual bagi melalui pemahaman dan penghayatan terhadap isi kandungan Al-Qur’an. Sebagai perguruan tinggi yang menjalankan fungsi pengajaran dan pendidikan, UI bertanggung jawab sepenuhnya di dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa.

Melalui perlombaan ini diharapkan dapat memicu mahasiswa UI dan perguruan tinggi di Indonesia menjadi mahasiswa yang berilmu namun tetap memegang teguh ketaqwaan, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah serangkaian event lomba membaca, menghafal, men-syarah Al-Qur’an serta aneka ragam jenis perlombaan mengenai kandungan Al Qur’an. MTQ telah ada di Indonesia sejak tahun 1940-an ditandai dengan kemunculan Jami’iyyatul Qurro wal Huffadz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama. Dalam perkembangannya, kegiatan MTQ juga dilaksanakan oleh berbagai instansi atau organisasi, seperti MTQ Wartawan, MTQ Mahasiswa dan lain sebagainya. MTQ Mahasiswa telah dilaksanakan secara nasional dan sudah berlangsung sebanyak 13 kali. (Rifelly DA)

Check Also

Lima Langkah Tepat Atasi Demam pada Anak

Edupost.id- Demam kambuh ketika suhu tubuh lebih tinggi dari normal, yaitu di atas suhu tubuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *