Sabtu , 22 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Jajanan Sehat Inovasi Mahasiswa Unair Disukai Anak-anak
Jajanan Sehat Inovasi Mahasiswa Unair Disukai Anak-anak
Jajanan Sehat Inovasi Mahasiswa Unair Disukai Anak-anak (Unair dok.)

Jajanan Sehat Inovasi Mahasiswa Unair Disukai Anak-anak

Edupost.id – Lima mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga membuat terobosan dengan mengubah limbah biji buah mangga (pelok –Jawa) menjadi jajanan sehat yang disukai anak-anak. Mereka mengolahnya menjadi tepung lalu dibuat menjadi Mie Jelly (Mielly).

Jajanan bergizi kaya karbohidrat, protein, lemak, dan kalsium ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet dan pemanis buatan. Mielly dapat menjadi alternatif baru jajanan ringan yang bisa dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kelima mahasiswa S-1 FKM Unair tersebut yakni Maharani Dyah Pertiwi (2016) ketua tim, Armita Mayang Sari (2016), Natasya Putri Audiena (2016), Ana Mariatul Ulfa (2016), Khusnatul Mar’atik (2015). Mereka berinisiatif menciptakan produk tersebut untuk menghadirkan jajanan sehat baru yang dapat dijadikan solusi dari kekhawatiran saat ini.

Maharani selaku ketua tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) FKM Unair menuturkan, saat ini di pasaran masih banyak jajanan tidak sehat, yang tentu saja menghadirkan kekhawatiran tersendiri bagi setiap orang, terutama para orangtua yang masih memiliki anak dan duduk di bangku sekolah.

Ia menambahkan, banyak oknum yang tidak bertanggungjawab menjual makanan yang tidak mementingkan aspek kesehatan seperti berpengawet atau menggunakan pewarna berbahaya.

“Hingga saat ini sudah lebih dari 250 Mielly yang terjual di masyarakat,” ujar Maharani. Kedepan, Tim PKMK akan terus berinovasi mengembangkan Mielly, baik pada bentuknya, warnanya, termasuk rasanya dengan tanpa mengurangi kandungan gizi di dalamnya. (Uniar/ IK-SS)

Check Also

Mahasiswa Unair Bantu Pasien Gagal Ginjal dengan Serbuk Ajaib

Edupost.id – Penanganan pasien gagal ginjal dengan melakukan cuci darah (hemodialisis) membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal itulah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *