Rabu , 29 Maret 2017
Home / Kabar Kampus / Jam Tangan Kayu Mahasiswa Unpad Ini Ada Ukiran Batiknya

Jam Tangan Kayu Mahasiswa Unpad Ini Ada Ukiran Batiknya

BANDUNG – Empat mahasiswa Fisika FMIPA Unpad membuat inovasi berupa jam tangan berbahan dasar kayu. Produk yang diberi merk “HASA” ini memiliki ukiran batik pada strap jam tangan tersebut. Hal ini dimaksudkan sebagai representasi identitas budaya Indonesia.

Keempat mahasiswa tersebut ialah Hadios Saputra, Siti Nur Khayati, Afghan Fadillah, dan Albert Agung Hutapea.

“Kita memasukkan batik itu karena itu identitas asli Indonesia. Inilah yang membedakan produk kami dengan jam tangan lainnya,” imbuhnya.

Hadios menyebutkan, ada 4 jenis kayu yang menjadi bahan dasar jam tangan, yaitu Jati, Sonokeling, Maple, dan Eboni. Strap jam tersebut terbuat dari kulit sintetis kualitas tinggi yang diukir dengan motif batik. Adapun motif batik yang digunakan ialah, motif Mega Mendung, Lasem Bunga, dan Parang Patah.

Albert menjelaskan, jam tangan tersebut dirakit secara manual. Mereka mendatangkan mesin dan komponen jam tangan asal Jepang kemudian merakitnya sendiri dengan bantuan kawan-kawannya di prodi Fisika. Mereka pun membuat bingkai jam, strap, dan ukiran batik di tempat yang berbeda.

Jam tangan kayu ini mengantarkan mereka menjadi salah satu delegasi Unpad dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 yang akan digelar di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari pada 5-9 Oktober mendatang.

Hadios mengungkapkan, motivasi pribadinya mengikuti Pimnas ialah ingin melakukan aktivitas yang selaras dengan passion-nya di bidang kewirausahaan namun tetap dapat membawa nama Unpad. Sementara bagi Albert, Pimnas merupakan ajang baginya untuk mengharumkan nama Unpad sebelum lulus kuliah.

Saat ditanya target, keempatnya bertekad untuk meraih juara di Pimnas. “Kami menargetkan di Pimnas itu adalah emas!” jawab Hadios mantap. (Unpad/IK-SS)

Check Also

Sheffield student union

Beasiswa S2 di Inggris dari Allan dan Nesta Ferguson

Edupost.id – Beasiswa S2 di Inggris secara penuh diberikan melalui Allan & Nesta Ferguson Charitable Trust Masters Scholarship. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *