Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Jokowi ke IPB, BEM KM Sampaikan Aspirasi tentang Pertanian
Jokowi
Jokowi

Jokowi ke IPB, BEM KM Sampaikan Aspirasi tentang Pertanian

Edupost.id – Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Institut Pertanian Bogor (IPB) dimanfaatkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB untuk menyampaikan sikap kritisnya terhadap kondisi pertanian bangsa. BEM KM IPB sebagai Koordinator Isu Pertanian Aliansi BEM Seluruh Indonesia menyampaikan aspirasi tertulis kepada Presiden Jokowi.

“Dengan berbagai kondisi dan pengamanan yang cukup ketat akhirnya saat acara berakhir Presiden Mahasiswa IPB diizinkan bertemu dan memberikan bundel kajian kepada Bapak Presiden,” ujar Presiden Mahasiswa IPB Panji Laksono.

Secara umum, BEM IPB menyampaikan tiga poin penting kepada presiden Jokowi. Pertama, mereka menuntut Jokowi untuk segera menyelesaikan konflik agraria di Indonesia yaitu Konflik Petani Kendeng, Nelayan Pulau Pari dan menghentikam reklamasi Teluk Jakarta, serta segera mewujudnya janji reforma agraria.

Kedua, mereka juga mendesak Jokowi untuk merealisasikan janji nawacitanya dalam membangun industri pangan nasional. Pemerintah juga diminta tidak bergantung pada impor terutama impor gula, garam, daging yang terus menjadi polemik yang menyengsarakan petani.

Yang terakhir, mahasiswa menuntut Jokowi untuk berpihak kepada petani Indonesia dan serius dalam mengurusi negara.

“Tugas besar mahasiswa ini belumlah selesai, meskipun kita telah menyampaiakan pandangan kritis kita langsung, namun kita harus tetap menagih jawaban atas janji Bapak Presiden di momentum besar pertanian nanti yaitu pada tanggal 24 September 2017 di Hari Tani,” tegas Panji.

Presiden Joko Widodo mendatangi Kampus IPB pada Rabu (06/09) dalam rangka menyampaikan orasinya tentang pengarusutamaan pertanian untuk memperingati Dies Natalis IPB ke-54. Acara dihadiri oleh ribuan mahasiswa IPB dan beberapa dosen serta tamu undangan. (Andi)

Check Also

Kartu Indonesia Pintar

Bagikan KIP, Jokowi : Anak-anak di Buleleng Pintar-pintar

Edupost.id – Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, dua siswa asal Buleleng yang meraih prestasi di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *