Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Jurusan Di UI yang Paling Diminati
UI- Masuk-Peringkat-Kampus-Terbaik-di-Asia
Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Di UI yang Paling Diminati

Edupost.id, Depok – Universitas Indonesia (UI) membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Simak UI. Melalui beberapa jalur tersebut, terdapat jurusan yang paling diminati calon mahasiswa baru. Berikut data jurusan favorit yang diungkapkan Kepala Humas UI, Rifelly Dewi Astuti.

“CBT Panlok Jakarta ada di Lab GDLN Gedung IASTH Lantal 1, Kampus UI Salemba. Kalau data SNMPTN tahun ini yang paling banyak peminatnya untuk IPA Kedokteran Umum dan IPS Akuntansi,” tuturnya kepada Edupost.id, (27/5).

Tahun sebelumnya, jelas Rifelly, mahasiswa program S1 reguler yang diterima melalui SBMPTN sebanyak 1.554 orang. Sedangkan, prodi favorit dari IPA yaitu Pendidikan Dokter dengan jumlah pendaftar 2.829 orang. Sementara, untuk IPS prodi favoritnya ialah Komunikasi dengan jumlah pendaftar 2.964 orang.

Adapun mengenai ketentuan SBMPTN, semuanya dikeluarkan panitia pusat. “Tidak ada yang khusus,” tegasnya.

Terkait kuota untuk SBMPTN 2016, ia menyebutkan ada penambahan sebanyak 40 persen. Tahun lalu, kuota yang ditetapkan sebesar 30 persen dan tahun ini sebesar 40 persen. Kuota 40 persen berasal dari keseluruhan mahasiswa S1 reguler atau sebanyak 1800 calon mahasiswa.

Sedangkan untuk lokasi ujian, Rifelly menambahkan selain UI, terdapat beberapa kampus lainnya. “Jakarta panloknya UNJ, UI, UIN, UPN. Peserta tidak bisa memilih lokasi ujian. Peserta hanya bisa memilih wilayah tempat ujian. Misalnya untuk Jakarta ada di wilayah 1,” tutur Rifelly.

Ia menambahkan, pihaknya tidak menyediakan tes atau bekerjasama dengan pihak manapun dalam penyelenggaraan persiapan SBMPTN. “Semoga pelaksanaan SBMPTN tahun ini lancar dan dapat memilih mahasiswa-mahasiswa terbaik di Indonesia. Untuk para peserta persiapkan diri semakasimal mungkin, yang terpenting adalah kejujuran dan integritas,” ungkapnya. (Nisa)

 

 

Check Also

Lulus-SBMPTN-Ini-Langkah-Selanjutnya

Ini Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI Tahun 2017

Edupost.ID -Penerimaan mahasiswa baru sudah hampir bergulir. Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu perguruan tinggi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *